Berita Bekasi

Kejar Target Vaksinasi, Camat Cibarusah Genjot Peran RT/RW Ajak 6.465 Warga Bersedia Divaksin

"Kami memiliki tujuh desa dengan sasaran target sebanyak 64.238 orang warga Kecamatan Cibarusah yang dapat divaksin.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
TribunBekasi.com
ilustrasi -- Program vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Cibarusah kini telah mencapai lebih dari 90 persen dari target yang telah ditetapkan sebanyak 64.238 penduduk. 

TRIBUNBEKASI.COM, CIKARANG --- Program vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Cibarusah kini telah mencapai lebih dari 90 persen dari target yang telah ditetapkan sebanyak 64.238 penduduk.

Camat Cibarusah, Muhamad Kurnaepi mengatakan persentase tersebut setara dengan 57.773 orang yang telah divaksinasi pada tahap pertama.

"Kami memiliki tujuh desa dengan sasaran target sebanyak 64.238 orang warga Kecamatan Cibarusah yang dapat divaksin. Alhamdulillah berkat percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh Muspika Kecamatan Cibarusah capaian vaksinasi telah menyentuh sebesar 57.773 orang," ucap Kurnaepi, Rabu (13/10/2021).

Dia menjelaskan bahwa tiap-tiap desa telah menugaskan rukun warga (RW) untuk membantu berperan aktif mengajak masyarakatnya agar mau divaksinasi mengingat masih ada sebanyak 6.465 orang lagi untuk dapat menyentuh target sasaran.

Baca juga: Cakupan Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama Kabupaten Bekasi Sudah Capai 64,7 Persen

Baca juga: Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Ungkap Sertifikat Vaksin Belum Muncul, Ini Penyebabnya

"Kita mulai ketatkan lagi melalui peran RW untuk mentracking warga yang belum tervaksin. Ini adalah bentuk upaya kita agar pandemi Covid-19 dapat segera teratasi," katanya.

Kurnaepi juga mengapresiasi pemerintah desa yang telah memaksimalkan program percepatan vaksinasi setiap harinya dengan mengadakan gerai-gerai vaksin di desa dan fasilitas umum lainnya agar herd immunity di Kabupaten Bekasi dapat segera terwujud.

Sementara itu, capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bekasi telah mencapai 64,7 persen dari jumlah target sebanyak 2,4 juta jiwa.

Guna mencapai kekebalan komunal, kini Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi mengintensifkan vaksinasi secara door-to -door. 

 

Bisa suntik vaksin

Guna memperluas cakupan masyarakat yang hendak divaksin, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan melibatkan para bidan yang membuka praktek mandiri untuk penyuntikan.

Kini, tempat praktik bidan sudah bisa melayani vaksinasi Covid-19.

Jubir Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan langkah melibatkan para bidan diambil untuk mewujudkan program vaksinasi keluarga.

Mereka dapat menyuntikkan vaksin kepada keluarga di sekitarnya, termasuk anak berusia minimal 12 tahun.

"Cukup datang ke Praktek Bidan Mandiri (PBM) terdekat, sudah bisa vaksin," kata Alamsyah saat dikonfirmasi, Rabu (6/10/2021).
 
Alamsyah mengimbau masyarakat agar mau disuntik vaksin Covid-19 demi melindungi keluarga, orang tua, anak dan cucu dari wabah Covid-19.

Menurutnya, pemerintah pusat maupun daerah tentunya punya tujuan yang baik.

"Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan demi kesehatan dan keselamatan, jadi jangan ragu untuk divaksin," imbaunya.
 
Saat ini, kata dia, di Kabupaten Bekasi terdapat 69 PMB yang akan menjadi lokasi vaksinasi dengan pembagian setiap 1 rating sebanyak 4 PMB.

"Sebanyak 69 Praktek Mandiri Bidan di 16 kecamatan dapat beroperasi membantu percepatan vaksinasi. Sasarannya adalah keluarga melalui peran bidan," ungkapnya.
 
Melalui banyaknya opsi yang ada, diharapkan dapat mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin sehingga percepatan vaksinasi di Kabupaten Bekasi dapat terealisasi dengan output yang maksimal.

"Kita akan terus lakukan upaya agar kekebalan kelompok (herd immunity) segera terealisasi di Kabupaten Bekasi," kata Alamsyah.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved