Breaking News:

Berita Bisnis

Gandeng Fintech Mekar, Bank Sampoerna Genjot Penyaluran Pembiayaan UMKM

Berkolaborasi bersama PT Mekar Investama Sampoerna atau Mekar, Bank Sampoerna meluncurkan MekarinAja.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. Bank Sampoerna
Bank Sahabat Sampoerna atau Bank Sampoerna dan PT Mekar Investama Sampoerna (MEKAR) berkolaborasi meluncurkan produk layanan pembiayaan MekarinAja secara virtual, Senin (21/12/2021). 

TRIBUNBEKASI.COM — Bank Sampoerna mulai menjangkau pasar pembiayaan untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Berkolaborasi bersama PT Mekar Investama Sampoerna atau Mekar, Bank Sampoerna meluncurkan MekarinAja.

CEO Mekar, Pandu Aditya Kristy mengungkapkan, MekarinAja adalah produk yang diharapkan dapat memberikan alternatif akses pembiayaan bagi UMKM yang selama ini belum memiliki akses permodalan dari lembaga keuangan.

Menurut Pandu, pembiayaan seringkali menjadi aspek penting bagi UMKM untuk dapat meningkatkan skala usaha yang dimilikinya.

“Mekar telah membantu akses pembiayaan bagi UMKM selama 5 tahun terakhir. Kini dengan MekarinAja, akses pembiayaan ini kami tingkatkan lagi," ucap Pandu dalam paparannya, Senin (20/12/2021).

Baca juga: Penyaluran Kredit Sindikasi Bank Mandiri Tembus Rp60 Triliun hingga November 2021

"Jika sebagian besar perusahaan fintech dan P2P (peer-to-peer) lending lebih banyak memberikan pinjaman dengan nominal yang relatif kecil, melalui MekarinAja pengusaha UMKM dapat mengajukan pinjaman dengan nilai yang lebih besar dan tingkat suku bunga yang lebih ekonomis,” sambungnya.

Dirinya juga kembali mengungkapkan, salah satu kendala yang dihadapi UMKM di Indonesia adalah sulitnya mendapat akses permodalan dari Bank.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti tidak adanya pencatatan keuangan yang baik, lama usaha yang belum cukup mature, atau sektor usaha yang dihindari oleh sebagian besar Bank.

Sementara itu, Head of Lending Center Bank Sampoerna, Hendra Setiawan mengatakan, MekarinAja adalah produk yang cukup unik.

Baca juga: Lalu Lintas Kargo Internasional di Garuda Indonesia, Tumbuh Hingga 89,66 Persen

Fasilitas yang diberikan berbeda dengan kebanyakan pinjaman berbentuk pinjaman angsuran.

MekarinAja memberikan fasilitas dalam bentuk plafon rekening koran, sehingga peminjam memiliki fleksibilitas dalam pemakaian pinjamannya sesuai kebutuhan.

Dalam fasilitas ini, peminjam juga tidak wajib untuk membayar pokok pinjaman setiap bulannya, hanya bunga sesuai pemakaian saja.

“Dengan keunikan ini kami yakin dapat diterima di masyarakat. Pengusaha UMKM memerlukan fleksibilitas dalam pembiayaan, fleksibilitas itulah yang kami berikan melalui MekarinAja," ujar Hendra.
Mekar dan Bank Sampoerna memiliki misi memberdayakan masyarakat dengan memberikan kesempatan dan dukungan agar berhasil di sektor UMKM melalui pemanfaatan teknologi digital.

Sebagai informasi, Mekar merupakan sebuah perusahaan tekfin (teknologi finansial) yang bergerak di sektor pinjaman peer-to-peer.

Mekar memfasilitasi individu dan institusi dalam mendanai pinjaman usaha kecil di seluruh Indonesia. (Tribunnews.com/Ismoyo)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved