Breaking News:

Berita Karawang

Jaksa Karawang Bakal Kasasi Atas Vonis Bebas Chan Yung Ching, Mantan Suami Valencya

Sebelumnya Majelis Hakim memvonis bebas terdakwa Chan Yung Ching pada sidang vonis di Pengadilan Negeri Karawang pada Kamis (23/12/2021) lalu.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com
Terdakwa Chan Yung Ching (kemeja biru) bersama Penasihat Hukum Hotma Raja Bernard Nainggolan usai persidangan perkara KDRT psikis terdakwa Chan Yung Ching di Pengadilan Negeri Karawang, pada Selasa (16/11/2021). 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Kejaksaan Negeri Karawang bakal melakukan kasasi atas vonis bebas, Chan Yung Ching mantan suami Valencya dalam perkara KDRT psikis.

Sebelumnya Majelis Hakim memvonis bebas terdakwa Chan Yung Ching pada sidang vonis di Pengadilan Negeri Karawang pada Kamis (23/12/2021) lalu.

Majelis hakim menyebut terdakwa secara sah dan meyakinkan tidak bersalah atas perkara penelantaran istri dan anak-anaknya.

"Kami punya waktu 14 hari untuk menyatakan sikap, namun setelah 7 hari setelah vonis, kami sudah menyatakan sikap untuk kasasi," kata kata Kepala Kejari Karawang, Martha Parulina Berliana, pada Kamis (30/12/201).

Martha menuturkan pernyataan kasasi sudah disampaikan ke Pengadilan Negri (PN) Karawang sebagai sikap kejaksaan atas vonis hakim. Untuk memori kasasi masih menunggu salinan putusan. Sebab, dari pengadilan belum diterima.

Baca juga: Rieke Diah Pitaloka Anggap Perkara Valencya Jadi Pelajaran Bagi Penegak Hukum di Indonesia

Baca juga: Perkara KDRT di Karawang, Chan Bantah Valencya Marah karena Dirinya Mabuk Tapi Masalah Keuangan

"Kami berharap pengadilan bisa segera mengirim salinan putusan agar kami bisa segera membuat memori kasasi," imbuh dia.

Sebelumnya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Karawang menjatuhkan vonis bebas kepada Chan Yung Chin (46), mantan suami Valencya (45) atas perkara penelantaran anak.

Chan yang sebelumnya pernah menuntut mantan istrinya dalam perkara KDRT psikis dan saat itu Valencya dituntut satu tahun penjara. Namun, perkara ini viral dan menjadi perhatian masyarakat hingga perkaranya diambil alih Jaksa Agung.

Jaksa Agung bahkan merevisi tuntutan dan meminta majelis hakim memvonis bebas. Hingga akhirnya majelis hakim Majelis hakim yang dipimpin Ismail Gunawan dengan hakim anggota Selo Tantular, dan Arif Nahumbang Harahap memvonis bebas Valencya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved