Breaking News:

Berita Pendidikan

Universitas Indonesia Belum Terapkan PTM, Kuliah Masih Dilakukan Secara Daring

Universitas Indonesia masih melakukan perkuliahan jarak jauh (PJJ) alias kuliah online pada Semester Genap 2021/2022.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Dok. UI
Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) masih melakukan kuliah daring pada Semester Genap Tahun Kuliah 2021/2022.. 

TRIBUNBEKASIK.COM, DEPOK - Universitas Indonesia (UI) tetap menggunakan metode perkuliahan jarak jauh (PJJ) pada semester genap tahun ini, yang dimulai Februari besok.

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik Universitas Indonesia (UI), Amelita Lusia, menjelaskan bahwa perkuliahan semester genap akan tetap dilakukan secara daring (online).

"UI tentu tunduk kepada keputusan Pemerintah karena mempertimbangkan berbagai aspek," kata Amelita saat dihubungi pada Jumat (7/1/2022) sore.

Lebih lanjut, kata Amelita, UI sebenarnya sudah menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk mata perkuliahan tertentu pada semester ganjil lalu. Misalnya untuk kegiatan praktik laboratorium di Fakultas Teknik (FT)

"Karena tidak mungkin hanya melalui daring untuk kegiatan seperti praktik di laboratorium di FT UI," ujar Amelita.

Walau belum memastikan kapan pelaksaan PTM 100 persen dapat dilaksanakan, pihak UI secara bertahap akan menambah proporsi pelaksanaan kuliah luring 'luar jaringan'. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

"Untuk semester depan persiapan ke arah itu masih terus kami ikhtiarkan untuk menambah proporsi luring. Dengan syarat penerapan protokol kesehatan secara ketat tetap harus ditekankan. Prinsipnya tetap 'safety first', jadi beberapa kemungkinan masih bisa terjadi," ujar Amelita.

Masih menurut Amelita, UI berkomitmen, mendukung dan melaksanakan kebijakan dan program nasional.

Tahun lalu, misalnya, ada Surat Edaran Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022.

"Proses pembelajaran dan kepentingan menjaga keselamatan dan kesehatan sivitas akademika UI menjadi prioritas kami,"tandasnya. (M29)

Sumber: Wartakota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved