Breaking News:

Berita Jakarta

RSUI Akan Gelar Operasi Celah Bibir dan Lelangit, Gratis

Pendaftaran kegiatan ini dibuka sampai dengan 20 Januari 2022 di 0877 8397 0407, dan selanjutnya akan dilakukan screening pada 24 – 26 Januari 2022.

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Ichwan Chasani
Dok. Alomedika
Ilustrasi - Celah bibir dan lelangit. 

TRIBUNBEKASI.COM — Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) berkolaborasi dengan Yayasan Senyum Anak Bangsa akan menggelar aksi sosial operasi celah bibir dan lelangit.

Kegiatan yang digelar dalam momen hari ulang tahun ke-3 Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) itu akan berlangsung pada 1-2 Februari 2022.

"Operasi ini gratis untuk masyarakat umum. Nanti pesertanya akan dilakukan screening terlebih dahulu untuk dilihat kondisi medis dan lainnya, apakah memenuhi kriteria untuk dilakukan operasinya atau tidak," kata Kinanti Putri, Humas RSUI kepada Warta Kota, jaringan berita TribunBekasi.com, akhir pekan lalu.

Celah bibir dan lelangit merupakan malformasi bawaan lahir pada bibir, langit-langit mulut atau keduanya yang disebabkan oleh genetik yang kompleks dan faktor lingkungan.

Operasi celah bibir dan lelangit adalah pengobatan paling utama untuk menyatukan kembali celah bibir dan lelangit yang terbentuk pada mulut bayi. 

Baca juga: Universitas Indonesia Belum Terapkan PTM, Kuliah Masih Dilakukan Secara Daring

Operasi ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi otot pada bagian wajah agar dapat berbicara dengan jelas. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan makan dan mendengar secara normal.

Kinanti menambahkan, bagi masyarakat yang hendak memanfaatkan kesempatan ini, diharap memperhatikan persyaratannya.

Untuk pasien celah bibir, usia minimal 3 bulan dan berat badan minimal 5 kilogram. Sedangkan untuk pasien celah lelangit, usia minimal 18 bulan.

Selain itu, hasil pemeriksaan kesehatan pasien di Rumah Sakit harus menunjukkan kondisi yang baik. Peminat juga diminta menyiapkan KTP dan KK.

Menurut Kinanti, pendaftaran kegiatan ini dibuka sampai dengan 20 Januari 2022 di 0877 8397 0407, dan selanjutnya akan dilakukan screening pada 24 – 26 Januari 2022. Sedangkan pelaksanaan operasi pada 1 – 2 Februari 2022.

Sumber: Wartakota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved