Breaking News:

Vakasinasi Covid19

Dinkes Karawang Siapkan 1.000 Dosin Vaksin Pfizer di 3 Lokasi Vaksinasi Booster

Masyarakat Karawang kelompok lansia, ASN, Guru, dan TNI/Polri bisa mendapatkan vaksin penguat di tiga lokasi ini.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: AC Pinkan Ulaan
TribunBekasi.com
Suasana vaksinasi booster atau dosis ketiga di di Aula Husni Hamid Pemda Karawang, pada Jumat (14/1/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG -- Pemerintah Kabupaten Karawang telah memulai vaksinasi booster, atau vaksinasi dosis ketiga, di tiga lokasi pada Jumat (14/1/2022)

Untuk saat ini, vaksinasi penguat (booster) dipusatkan di tiga lokasi, yakni Kantor Dinas Kesehatan, Aula Husni Hamid Pemda mulai pukul 08.00-12.00, dan Techomart pukul 09.00 hingga 13.00.

Di setiap lokasi itu Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang menyiapkan 1.000 dosis vaksin buatan Pfizer.

Untuk informasi, vaksin keluaran Pfizer ini ditujukan bagi warga yang mendapat vaksin buatan Sinovac di vaksinasi dosis 1 dan 2.

"Ahamdulillah Kabupaten Karawang sudah bisa melaksanakan vaksinasi booster atau dosis ketiga bagi warganya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, dr Endang Suryadi, kepada TribunBekasi.com, di lokasi vaksinasi booster di Aula Husni Hamid Pemda Karawang, Jumat (14/1/2022).

Endang menjelaskan, Karawang telah memenuhi kriteria daerah yang diperbolehkan memberikan vaksin penguat itu oleh Pemerintah Pusat.

Disebutkan dalam kriteria itu, daerah yang diperbolehkan memberikan vaksin booster kepada warganya adalah daerah yang capaian vaksin dosis pertama telah mencapai 70 persen lebih, dan vaksinasi lansia telah mencapai 60 persen.

"Kami di Karawang vaksinasi dosis pertamanya sudah mencapai 78 persen dan lansia 62 persen. Ini memenuhi kriteria itu," ucap Endang.

Yang boleh mendapat vaksin booster

Untuk persyaratannya, kata Endang, dewasa usia diatas 18 tahun dan diutamakan bagi lansia.

Kemudian, harus telah vaksin dosis kedua dan jaraknya dari dosia kedua untuk vaksin harus sudah enam bulan.

"Jika belum memenuhi persyaratan itu tidak diperkenankan dahulu," imbuhnya.

Endang menambahkan vaksinasi booster baru dilaksanakan di tiga lokasi saja. Akan tetapi bagi lansia, penjabat publik, TNI-Polri, dan guru bisa melakukan vaksinasi booster di setiap puskesmas.

"Jadi fokus di tiga lokasi itu, tapi di Puskesmas juga dibuka vaksinasi booster tapi yang diutamakan itu saja dulu lansia, pejabat publik, asn, TNI-Polri, dan guru, karena lagi fokus vaksinasi anak usai 6-11 tahun," tandasnya.

Sumber: Tribun bekasi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved