Berita Bekasi

Kecamatan Cibitung dan Kodim 0509 Kabupaten Bekasi Berkolaborasi Ubah Desa Wanajaya jadi Desa Wisata

Desa wisata di Desa Wanajaya akan berkonsep agrowisata dan ekowisata, dan menawarkan edukasi sebagai atraksi.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribun Bekasi/Rangga Baskoro
Kecamatan Cibitung dan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi akan berkolaborasi membangun desa wisata di Wanajaya. Keterangan foto: Camat Cibitung, Encun Sunarto, dan Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf M Horison Ramadhan, dalam acara Gerakan Tanam Pohon di bantaran Sungai Cibitung. 

TRIBUNBEKASI.COM, CIBITUNG -- Desa Wanaja akan mewakili Kabupaten Bekasi dalam lomba Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Jawa Barat 2022.

Kabar ini disampaikan Camat Cibitung, Encun Sunarto, Minggu (27/3)

Oleh sebab itu, Encun Sunarto akan memproyeksikan Desa Wanajaya untuk menjadi Desa Wisata dengan cara membangun destinasi ekowisata serta agrowisata.

"Kampung Rawa Lele di Desa Wanajaya akan kami konsep sebagai tempat agro wisata. Ada lahan yang terbengkalai," tutur Encun.

Mendorong pemberdayaan

Encun mengatakan, selama ini Desa Wanajaya tergolong sebagai desa yang tertinggal dalam segi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Dengan konsep destinasi ekowisata dan agrowisata diharapkan bisa mendorong pembangunan infrastruktur, dan mendongkrak pendapatan masyarakat melalui UMKM yang berbasis destinasi wisata.

"Desa agrowisata sedang direncanakan. Memang kampungnya, Rawa Lele, agak tetinggal karena sempat terisolir. Makanya kami mau angkat biar lebih berdaya. Terutama perempuannya," ucapnya. Kata Encun

Kemudian lahan di sekitar kampung ini, yang merupakan milik Kodam Jaya, akan dibangun Kampung Pancasila yang dijalankan oleh Kodim 0509/Kabupaten Bekasi.

Encun menjelaskan, pihaknya telah berdiskusi dengan Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf M Horison Ramadhan, terkait konsep Kampung Pancasila.

"Kampung Pancasila dari Pak Dandim, beliau sudah ada rencana. Tujuannya akan mengangkat potensi yang ada di sini, misalnya cara bercocok tanam, beternak itik, telor asin, budidaya jamur. Ada edukasinya. Mungkin konsepnya nanti seperti sekolah alam," kata Encun.

Koneksi

Selain itu, wisata Pesona Wanajaya juga jadi poin penting dalam rencana pembangunan Desa Wisata. Destinasi berkonsep alam tersebut sudah dikelola dengan baik berkat kolaborasi masyarakat dan pemerintah desa.

Kecamatan Cibitung akan mengoneksikan ketiga tempat tersebut sehingga terdapat beberap spot wisata dalam satu jalur yang terintegrasi.

"Kalau Pesona Wanajaya kan sudah ada dan pengelolaannya sudah bagus. Nanti akan kami sambung jalurnya, jadi ketika masuk kawasan semua terintegrasi. Ada tiga spot wisata untuk masyarakat," tandas Encun.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved