Ramadan

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Rambut dan Kulit, Ini Kata Dokter

Tak hanya memberi manfaat pada organ pencernaan, berpuasa di bulan Ramadan juga berpengaruh pada kesehatan rambut kulit.

Editor: Ichwan Chasani
Warta Kota/Ichwan Chasani
Ilustrasi Kesehatan Kulit. 

TRIBUNBEKASI.COM — Manfaat berpuasa selama bulan suci Ramadan bagi kesehatan tubuh sudah banyak dikupas berbagai artikel.

Tak hanya memberi manfaat pada organ pencernaan, berpuasa di bulan Ramadan juga berpengaruh pada kesehatan rambut dan kulit.

Hal ini diungkapkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr Anindya Mariana SpDV pada acara Virtual Media Briefing Bamed, Kamis (31/3/2022).

Menurutnya, manfaat pertama yang dirasakan adalah pada rambut. Dengan berpuasa dapat meningkatkan stem sell pada molekul rambut. 

"Sehingga meningkatkan pertumbuhan, dan mencegah rontok rambut. Sangat bagus untuk rambut," ungkap dr Anindya Mariana SpDV.

Baca juga: Tak Ingin Orangtuanya Diperiksa Polisi Saat Puasa, Ayu Ting Ting Pilih Berdamai

Baca juga: Pemkab Karawang Pastikan Pasokan Minyak Goreng Terpenuhi saat Bulan Puasa

Selain itu berpuasa juga mempunyai pengaruh pada lapisan epidermis. Sehingga meningkatkan kualitas siklus kulit. Dengan puasa, dapat memperbaiki proses siklus sehingga kulit tampak cerah. 

Lalu dilapisan kulit bagian dalam, ini berpuasa dapat meningkatkan fascularisasi pembuluh darah, sehingga nutirsi dapat masuk secara baik ke dalam kulit. 

"Selain itu terjadi perbanyakan pembuuh darah baru dan perbaikan dalam kulit. Kolestrol menurun, antioksidan, meningkat,"paparnya lagi. 
 
Puasa juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan inflamasi meningkat, fascular lancar dan memproduksi banyak pembuluh darah baru. 

"Jadi sewaktu berpuasa peradangan meningkat untuk perbaikan penyembuhan luka. Sahur dan berbuka dengan nutrisi yang tepat dapat mempercepat pertumbuhan jaringan kulit termasuk penyembuhan luka," kata dr Anindya menambahkan. 

Baca juga: Lotus Garden Hotel Kediri Hadirkan 55 Macam Menu Paket Buka Puasa All You Can Eat

Di sisi lain, puasa punya manfaat besar melawan penuaan pada kulit. Hal ini dikarenakan meningkatnya produksi antioksidan, hingga menghancurkan matrix metalloprotelnase.

Enzim matrix metalloprotelnase diketahui dapat menghancurkan kolagen dan mempercepat penuaan. 

Selanjutnya berpuasa juga dapat menurunkan reaksi iritasi pada retinol yang biasanya banyak ditemukan pada krim malam. 

"Terjadi peningkatan stem Cell yang memperbaiki perbaikan struktur kulit. Dan juga, mencegah terjadinya tumor dan kanker. Karena bersifat antikarsinogenik," pungkasnya. (Tribunnews.com/Aisyah Nursyamsi)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved