Berita Bekasi

KPAD Kota Bekasi Soroti Lemahnya Pengawasan Orangtua sehingga Tawuran Remaja Marak saat Ramadan

Para pemangku kepentingan di masyarakat harus membuat rangkaian kegiatan positif selama Ramadan ini, untuk mencegah remaja tawuran.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa
Para remaja yang kepergok warga akan tawuran di Jalan Bosih Raya, Underpass Cibitung, Kabupaten Bekasi, Senin (4/4/2022) dini hari, mendapat hukuman merayap di jalan itu. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN -- Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Bekasi prihatin dengan maraknya aksi tawuran remaja pada bulan Ramadan.

Ketua KPAD Kota Bekasi, Aris Setiawan, mengatakan bahwa maraknya aksi tawuran ini adalah dampak lemahnya pengawasan dari orangtua.

Anak-anak akhirnya mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang negatif.

"Kalau melihat fenomena anak anak di bawah umur itu melakukan aksi tawuran, dari Ramadan sebelumnya memang sudah sering terjadi. Salah satu faktornya, pemanfaatan waktu luang yang tidak disertai dengan pola pengawasan dari orangtua yang tidak melekat," kata Aris Setiawan, Jumat (8/4/2022).

Bakar petasan

Aris melihat ada beberapa kegiatan yang justru menjadi kewajaran, seperti halnya selepas tarawih ada kegiatan membakar petasan.

Apa yang dilihatnya beberapa hari terakhir ini, biasanya aksi tawuran dipicu dari petasan yang akhirnya berubah menjadi tawuran.

"Dari yang awalnya buat seru-seruan akhirnya menjadi hal yang berbau negatif," katanya.

Oleh karena itu, Aris menekankan fungsi alim ulama untuk ikut serta memaksimalkan kegiatan positif saat Ramadan, seperti 30 hari tadarusan atau yang lainnya.

Dengan begitu waktu luang remaja itu tidak disalah gunakan denga kegiatan yang banyak mudaratnya.

"Giat untuk Kamtibmas harus tetap dijalankan, terutama peran-peran stakeholder terkait juga turut mengawasi, dan menjaga kondusifitas di lingkungan agar selalu terjaga. Supaya keamanan di lingkungan bisa diawasi lebih baik," ucapnya

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved