Ramadan

Kiat Sehat dan Bugar saat Berpuasa dari Kadinkes Kota Bekasi Tanti Rohilawati

Berbuka dengan air putih adalah langkah yang tepat menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: AC Pinkan Ulaan
TribunBekasi.com/Joko Supriyanto
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, membagikan kiat tetap bugar meski berpuasa. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, membagikan kiat agar tetap bugar saat menjalani ibadah puasa, di tengah kesibukan pekerjaan setiap harinya.

Ketika berpuasa, kerap kali tubuh terasa lemas bahkan kurang bersemangat. Hal ini tentu menjadi masalah di tengah rutinitas yang padat.

Oleh karena itu Dinas Kesehatan Kota Bekasi menyarankan agar rutin mengonsumsi buah-buahan saat berbuka dan sahur.

"Ibadah puasa sudah berjalan ya, tentu Kesehatan menjadi hal yang paling utama untuk menjaga kebugaran. Terpenting yaitu memperbanyak konsumsi air putih dan buah-buahan," kata Tanti Rohilawati beberapa waktu lalu.

Cukup tidur

Diungkapkan Tanti, Pola hidup sehat seperti tidur yang cukup juga membantu memperkuat kebugaran tubuh. Ketika waktu tidur terpenuhi, maka tubuh pun akan bekerja dengan baik, apalagi saat bulan puasa.

Selain itu memperbanyak konsumsi makanan bervitamin.

"Jadi konsumsi air putih, buah-buahan, makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, serta tidur, itu menjadi kunci yang penting menjaga kebugaran saat ibadah puasa," katanya.

Setiap harinya, saat berbuka puasa, Tanti menyatakan selalu berbuka dengan meminum air putih, dilanjutkan dengan buah-buahan.

Meski masyarakat Indonesia lebih sering mengkonsumsi teh hangat saat berbuka, namun Tanti menyatakan air putih jauh lebih baik.

"Kalo saya setiap hari itu selalu minum air putih, atau kadang juga minum teh hangat. Tapi tetap air harus lebih banyak, dilanjutkan dengan buah-buahan, salat maghrib, dan makanan berat," ujarnya.

Kurangi gorengan

Tanti juga menyoroti kebiasaan masyarakat Indonesia saat bulan puasa, yakni menu buka puasa utama adalah gorengan. Dia mengimbau untuk meminimalkan gorengan, terutama bagi warga yang mengalami obesitas, karena mengonsumsi gorengan tidak cukup baik untuk tubuh.

"Gorengan itu juga tidak cukup baik karena ada minyak dan lain-lain. Bukan tidak boleh, lebih baik mengurangi dan dialihkan mengonsumsi air putih yang banyak serta buah-buahan. Dilanjutkan makanan berat agar tubuh kita bugar saat menjalani Ibadah puasa," tandasnya.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved