Mudik Lebaran

Rekayasa Lalin Tambahan di Jalan Tol Japek, Buka Tutup Tol Layang MBZ dan Contraflow di KM28

Polisi sudah siapkan rekayasa lalu lintas tambahan di Jalan Tol Jakarta - Cikampek bila terjadi kemacetan saat penerapan ganjil genap.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: AC Pinkan Ulaan
TribunBekasi.com
Tol Layang Mohammed bin Zayed (MBZ) tepatnya di KM 10 sempat ditutup sementara oleh pihak Jasa Marga atas diskresi kepolisian guna mengurai kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Kamis (27/4/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, CIKARANG -- Sistem ganjil-genap dan satu arah (one way) diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada Kamis (28/4/2022) mulai pukul 17.00 tadi.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, datang langsung ke Command Center, Tol Japek Km 29, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, untuk memantau persiapan pemberlakuan one way ini.

"Saya baru saja melihat bagaimana simulasi untuk kegiatan one way yang dimulai sore ini. Karena bertepatan dengan jam 5 sore adalah skenario one way jadwal hari pertama, dimulai dari Km 47 Tol Japek sampai ke Semarang Kalikangkung," ucap Fadil.

Buka tutup

Kapolda menjelaskan pihaknya menyiapkan dua skema rekayasa lalu lintas situasional, mana kala arus lalu lintas tersendat saat kedua sistem diberlakukan secara bersamaan.

"Catatan tadi pagi ada dua CB (cara bertindak) yang akan dikerjalan untuk mengurai kemacetan, yakni buka tutup di jalan layang Tol Layang MBZ. Ketika pertemuan arus antara tol layang dan arus tol penuh, maka Tol Layang MBZ ditutup. Itu situasioal," katanya.

Contraflow di KM28

Kemudian yang kedua, apabila kemacetan belum terurai juga, polisi akan melakukan diskresi memberlakukan contraflow di ruas Tol Jakarta - Cikampek mulai KM28 Cikarang di lajur menuju Jakarta.

"Dan ketika arus bawah (masih) penuh, kami contraflow dari KM 28 sampai 47. Sifatnya situasional," kata Fadil.

Ganjil genap

Halaman
123
Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved