Arus Balik Lebaran

PT KAI Pastikan Seluruh Penumpang Kereta Api Telah Penuhi Persyaratan Perjalanan  

Bagi penumpang yang sudah vaksin tiga kali, Eva Chairunnisa menginformasikan tidak perlu melakukan tes antigen maupun PCR.

Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti
Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Eva Chairunisa. 

TRIBUNBEKASI.COM — PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan bahwa seluruh penumpang yang tiba telah memenuhi persyaratan untuk perjalanan penumpang kereta api, karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan

Demikian diungkapkan Kepala Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 1 (PT KAI Daop 1)  Jakarta, Eva Chairunisa.

Hal tersebut menurut Eva Chairunisa, agar saat tiba di stasiun tujuan, penumpang tidak perlu lagi melalui proses pemeriksaan berkas. 

Persyaratan perjalanan tersebut berupa tes PCR bagi penumpang yang baru satu kali vaksin, dan tes antigen bagi penumpang yang dua kali vaksin.

Bagi penumpang yang sudah vaksin tiga kali, Eva Chairunisa menginformasikan tidak perlu melakukan tes antigen maupun PCR.

Baca juga: Polres Karawang Tambah Personel di Titik Rawan Kemacetan Jalur Arteri saat Arus Balik

Baca juga: Polisi dan Dishub Siagakan Petugas 24 Jam di Terminal Kampung Rambutan

"Kalau sudah vaksin tiga kali atau vaksin booster, penumpang hanya cukup menunjukkan kartu bukti vaksinnya saja," ujar Eva Chairunisa, Jumat (6/5/2022).

Eva Chairunisa menginformasikan bahwa sejak Rabu (4/5/2022) hingga Jumat (6/5/2022) terdapat 111.700 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jatinegara, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Cikampek.

"Jumlah tersebut masih akan mengalami peningkatan hingga Selasa (10/5/2022) nanti," ujar Eva Chairunisa

Berdasarkan pantauan di di Stasiun Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat (6/5/2022) pagi, kepadatan penumpang yang turun cukup tinggi.

Selain penumpang yang turun, juga masih ada penumpang yang baru akan berangkat dari Stasiun Gambir.

Baca juga: Arus Kendaraan di Tol Jakarta Cikampek Jumat Pagi Ini Masih Lengang

Baca juga: Jumlah Pelanggan Bus Wisata TransJakarta Masih Terus Bertambah

Beberapa porter berseragam merah nampak menawarkan jasanya kepada penumpang baik yang turun atau baru akan berangkat.

Pantauan di Stasiun Gambir sekira pukul 09:45 WIB, area parkir didominasi kendaraan roda dua dibanding roda empat.

Eva Chairunisa mengatakan, untuk memperlancar arus penumpan yang turun di stasiun, pihaknya telah menempatkan sejumlah petugas di area peron dan hall.

Para petugas akan membantu mengarahkan penumpang yang tiba supaya berkerumun di satu lokasi tertentu saat akan menunggu penjemputan. 

Baca juga: Hindari Terjebak Macet, Berikut Jadwal One Way di Jalur Puncak Hari Jumat hingga Minggu Ini

Baca juga: Disdik DKI Pastikan Pelajar Kembali Beraktivitas pada Kamis, 12 Mei

Selain itu, sejumlah petugas juga akan melakukan pemeriksaan ulang pada kereta api yang baru saja tiba, untuk memeriksa dan memastikan tidak ada barang penumpang yang tertinggal. 

"Imbauan dari kami, penumpang yang datang agar memeriksa kembali seluruh barang bawaannya sebelum turun dari kereta untuk menghindari risiko barang tertinggal," ujar Eva Chairunisa. (Wartakotalive.com/Leonardus Wical Zelena Arga)

Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved