Berita Karawang

Usai Lebaran Pencari Kerja Lulusan SMA/SMK di Karawang Meningkat, Tapi Lowongan Pekerjaan Minim

Dikatakannya, perbandingan antara penyedia loker dengan pencaker lebih banyak pencaker karena setiap tahun pencaker itu pasti bertambah

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
Surya.co.id
Foto Ilustrasi Lowongan Kerja ---Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang mencatat terjadi peningkatan pencari kerja usai libur Lebaran Idul Fitri 1443/ 2022. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG ---- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang mencatat terjadi peningkatan pencari kerja usai libur Lebaran Idul Fitri 1443/ 2022.

Kepala Bidang Penempatan Kerja, Endang Syafrudin mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun Disnakertrans, para pencari kerja melalui website info loker karawang tercatat sebanyak 98.725 orang.

"Kalau melihat pendaftar di website ada 98.725 para pencari kerja, ini ada peningkatan," kata Endang, pada Selasa (10/5/2022).

Adapun para pencari kerja (pencaker) itu, dapat melihat secara langsung melalui website https://infoloker.karawangkab.go.id/.

Baca juga: Camat Tambun Selatan dan Cibitung Imbau Pendatang Baru Pencari Kerja Sebaiknya Sudah Punya Kemampuan

Baca juga: Tersedia 7.900 Lowongan Pekerjaan, Caranya Mudah, Pencari Kerja Tinggal Akses Aplikasi Jakarta Kini

Dikatakannya, perbandingan antara penyedia loker dengan pencaker lebih banyak pencaker karena setiap tahun pencaker itu pasti bertambah dan lowongan kerja dari perusahaan itu tergantung dari kebutuhan perusahaan.

"Kalau dari website kami itu yang ber-KTP Karawang, itu ada peningkatan ya karena kan ada lulusan SMA/ SMK baru," beber dia.

Adapun di luar KTP Karawang tidak masuk pendataannya.

Meski demikian, warga KTP Karawang yang akan menjadi prioritas untuk lowongan pekerjaan.

"Lonjakan pencari kerja terjadi disetiap tahun, tepatnya setelah adanya lulusan sekolah," jelasnya.

BERITA VIDEO : PERUM KARAWANG BARU JADI PUSAT PETANI TIMUN SURI

Kepala Seksi Informasi Pasar Kerja, Aan S, menambahkan jumlah perusahaan yang beroperasi di kabupaten Karawang sebanyak 1.762 pabrik.

Rinciannya, perusahaan swasta sebanyak 787, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebanyak 269, Penanaman Modal Asing (PMA) sebanyak 638, dan Joint venture tercatat sebanyak 58 pabrik.

"Sekarang yang membuka lowongan kerja melalui Disnakertrans hanya ada 190 perusahaan saja, sisanya melalui lembaga penyalur kerja," beber dia.

Meski begitu, pasca Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, baru ada lima perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved