Berita Edukasi

Nadiem Makarim Ajak Mahasiswa Daftar Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2

Nadiem juga meminta pimpinan perguruan tinggi untuk memfasilitasi mahasiswanya mengikuti program-program MBKM termasuk PMM 2.

Editor: Ichwan Chasani
Kompas.com/Kristianto Purnomo)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. 

TRIBUNNEWS.COM — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan kedua.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengajak mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dan berkontribusi pada PMM 2.

"Saya ingin mengajak adik-adik mahasiswa di seluruh Indonesia, khususnya yang sekarang duduk di semester 3, 5, dan 7 untuk mendaftar Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2," ucap Nadiem melalui keterangan resminya, Jumat (13/5/2022).

PMM merupakan salah satu program unggulan dari Ditjen Diktiristek yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menggunakan hak belajarnya di luar program studi dan perguruan tinggi asal.

Mahasiswa PMM 2 akan melaksanakan proses pembelajaran dalam kebinekaan untuk semester 3, 5, atau 7 di perguruan tinggi yang berada di klaster pulau berbeda dari perguruan tinggi pengirim dan domisili asalnya.

Baca juga: Bakal Ada Demo Buruh dan Mahasiswa, Jalan Medan Merdeka Barat Ditutup Sementara

Baca juga: Baru Naik Sehari, Harga Emas Batangan Antam Hari Ini Jatuh Lagi Rp 6.000 Per Gram

Baca juga: Erick Estrada Terharu dan Menangis Dapat Kesempatan Perankan Karakter Tessy

Melalui pembelajaran ini, kata Nadiem, akan tercipta ruang jumpa yang dinamis antara mahasiswa, dosen, dan perguruan tinggi melalui kegiatan akademik dan nonakademik.

"Ruang jumpa ini merupakan salah satu ciri khas PMM 2. Saya yakin adik-adik mahasiswa yang ikut program adalah para pelajar Pancasila, para calon pemimpin yang akan mendorong pemulihan dari pandemi lalu membawa Indonesia melompat ke masa depan," tutur Nadiem.

Dirinya meminta pimpinan perguruan tinggi untuk memfasilitasi mahasiswanya mengikuti program-program MBKM termasuk PMM 2.

Nadiem meyakini peluang tersebut dapat melatih keterampilan (skills) kepemimpinan.

Baca juga: Tegaskan Wabah PMK Hewan Ternak Tak Berbahaya Bagi Manusia, Polisi: Gak Usah Panik!

Baca juga: Sempat Dikeluhkan Warga, Seluruh U-Turn yang Ditutup saat Arus Mudik Kini Sudah Dibuka

"Kalian ditantang menjadi pemimpin bagi diri sendiri yang mampu mengambil keputusan yang tepat dan bijak di tengah kondisi yang berbeda,” ucapnya.

Ciri khas PMM 2  adalah kegiatan Modul Nusantara yang memiliki nilai bobot 4 sistem kredit semester (SKS).

Kegiatan tersebut akan memberikan pengalaman kebinekaan yang dikemas dalam beberapa kegiatan khusus. (Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved