Berita Bekasi

Pemkot Bekasi Ikuti Kebijakan Pemerintah Pusat, Warga Tak lagi Wajib Pakai Masker di Luar Ruangan

Plt Wali Kota Bekasi akan mengikuti kebijakan Pemerintah Pusat, yang tak lagi mewajibkan mengenakan masker di luar ruangan.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: AC Pinkan Ulaan
shutterstock via Kompas.com
Pemerintah Pusat tak lagi mewajibkan menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.Namun masker masih wajib dipakai di dalam ruangan. Keterangan foto: (Ilustrasi) 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN -- Pemerintah Kota Bekasi mendukung keputusan Pemerintah Pusat melonggarkan aturan penggunaan masker di luar ruangan.

Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengatakan pihaknya akan mengikuti kebijakan Pemerintah Pusat, jika kasus Covid-19 di wilayahnya semakin landai.

"Apapun keputusan yang ditetapkan Pemerintah Pusat kami akan jalankan sesuai tahapan," kata Tri Adhianto, Selasa (17/5/2022).

Untuk informasi, Pemerintah terus melonggarkan protokol kesehatan penggunaan masker seiring dengan membaiknya kondisi Pandemi Covid 19 di Indonesia.

Hal itu disampaikan sendiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa sore tadi

Hanya di luar ruangan

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan, atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker,” ujar Presiden sebagaimana dilansir laman presiden.go.id.

Meski aturan protokol kesehatan telah dilonggarkan, Jokowi menyarankan masyarakat yang masuk kategori rentan, yakni lansia dan pemilik penyakit komorbid, untuk tetap mengenakan masker saat beraktivitas di ruang publik.

Wajin pakai masker saat sakit

Begitu juga bagi orang-orang yang mengalami gejala batuk dan pilek, diharuskan mengenakan masker meskipun berada di luar ruangan.

Tujuannya untuk mencegah virus penyakit yang sedang diidapnya itu menyebar di udara dan akhirnya menular ke orang lain.

Selain melonggarkan kebijakan penggunaan masker, Pemerintah Pusat juga melonggarkan syarat bagi pelaku perjalanan dalam negeri.

Masyarakat yang hendak bepergian keluar kota dengan transportasi umum tak lagi wajib melakukan tes usap PCR atau Antigen. Namun pelonggaran tersebut hanya berlaku bagi mereka yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved