Berita Kriminal

Bobol Rumah Kosong dan Bawa Kabur Emas 5 Kilogram, Tiga Pelaku Diciduk

ketiga pelaku sudah mengintai rumah korban dari jauh-jauh hari. Mereka memperhatikan kapan korban mulai pergi meninggalkan rumah. 

Warta Kota/Alfian Firmansyah
Ketiga pelaku pencurian rumah kosong yang berhasil ditangkap polisi yakni inisial S alias Y, AM alias R dan BW alias T dihadirkan dalam jumpa pers di Mapolres Jakarta Barat, Kamis (14/7/2022).  

TRIBUNBEKASI.COM — Aparat kepolisian dari Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat, menangkap tiga pelaku pencurian spesialis rumah kosong (rumsong). 

Aksi pencurian rumah kosong itu terjadi pada Minggu (3/7/2022) lalu, di Jalan Tanjung Duren Lama Raya RT004 RW001, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. 

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Joko Dwi Harsono mengatakan, ketiga pelaku yang berhasil ditangkap yakni inisial S alias Y, AM alias R dan BW alias T. 

Ketiga tersangka diketahui berasal dari Jawa Tengah dan sengaja menyewa kontrakan di Jakarta untuk melakukan aksi kejahatan. 

"Pelaku ke Jakarta itu ngontrak rumah, tinggal selama seminggu atau dua minggu," ungkap AKBP Joko Dwi Harsono saat konferensi pers, Kamis (14/7/2022). 

Baca juga: Ditipu Rekan, Jessica Iskandar Rugi Total Hampir Rp 10 Miliar, Uang dan 11 Mobil Mewah Raib

Baca juga: Disdik Akui di Kota Bekasi Masih Kurang Tenaga Pendidik SD dan SMP

AKBP Joko Dwi Harsono menjelaskan, para pelaku sudah melakukan penggambaran rumah mana saja yang ingin didatangi. 

Dalam aksinya, ketiga pelaku sudah mengintai rumah korban dari jauh-jauh hari. Mereka memperhatikan kapan korban mulai pergi meninggalkan rumah. 

"Jadi modusnya gini, dia memang sudah survei, dengan bolak-balik ke lokasi, untuk pastikan bahwa ini rumah kosong," tutur AKBP Joko Dwi Harsono

Ketiga pelaku memanjat pagar rumah korban, kemudian masuk rumah dengan membobol pintu menggunakan peralatan yang mereka bawa. 

Ketiga pelaku dengan leluasa menggasak barang berharga seperti uang, emas batangan seberat 5 kilogram, dan juga sertifikat-sertifikat yang ada di dalam rumah. 

Baca juga: Jadi Kurir Narkoba, Tiga Emak-Emak Ini Bayari Kuliah Anak dan Lunasi Hutang Pinjol, Jangan Ditiru!

Baca juga: Prilly Latuconsina Ngebet Banget Sama Umay Shahab, Si Umay Malah Jual Mahal

"Ada uang, kemudian yang paling menonjol si emas sampai 5 kilo. Total kerugian diperkirakan mencapai lebih dari Rp 5 miliar," ungkap Joko. 

Korban yang mengetahui rumahnya diacak-acak kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polres Metro Jakarta Barat. Polisi kemudian melakukan olah TKP pada Selasa (5/7/2022) lalu. 

"Emasnya itu disimpan di brankas. Jadi mereka bawa sama brankasnya," beber AKBP Joko Dwi Harsono

Dalam aksinya, AKBP Joko Dwi Harsono memastikan, ketiga tersangka tidak membawa senjata tajam.

Halaman
12
Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved