Berita Kecelakaan

Selidiki Penyebab Kecelakaan Maut Tewaskan 10 Orang di Jalan Alternatif Cibubur, Ini Langkah KNKT

pihak KNKT juga akan memeriksa keterangan dari supir truk tangki Pertamina yang dikabarkan selamat dan saat ini telah diamankan oleh pihak kepolisian.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy
Tribun Bekasi/Joko Supriyanto
Sepuluh orang dikabarkan tewas dalam peristiwa kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk tangki Pertamina, di Jalan Alternatif Cibubur, Senin (18/7/2022). Keterangan foto: Lokasi kecelakaan maut di Jalan Alternatif Cibubur. Tampak banyak orang datang untuk menonton. 

TRIBUNBEKASI.COM, JATISAMPURNA --- Pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan mulai melakukan investigasi kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Alternatif Cibubur mulai hari ini, Selasa (19/7/2022).

Adapun langkah-langkah investigasi yang dilakukan oleh tim Investigator KNKT yaitu melakukan pemeriksaan kendaraan yang saat ini masih berada di lokasi kejadian, setelah tadi malam beberapa petugas memindahkan truk tangki Pertamina ke lokasi yang lebih luas.

"Iya mulai hari ini kedepan team investigator akan melakukan pemeriksaan kendaraan, jalan, traffic light dan pengemudinya serta beberapa saksi," kata Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan, Selasa (19/8/2022).

Sebelumnya disampaikan oleh Ahmad, untuk membantu proses Investigasi yang dilakukan oleh tim KNKT, Ahmad mengaku akan meminta petugas untuk mengevakuasi truk tangki Pertamina.

Namun sebelum dipindahkan, isi dari bahan bakar tersebut akan di kosongkan.

"Kemudian, besok pagi kita akan periksa kendaraannya, kemudian mengukur jalan ini, panjang landai tipisnya berapa, terus ada isu mengenai traffic light juga, nanti kita akan amati dan analisa," katanya.

Baca juga: Polisi Selidiki Penyebab Kecelakaan Maut di Jalan Alternatif Cibubur, Termasuk Kontur Jalan Menurun

Baca juga: Pertamina akan Bertangung Jawab Mengurusi Para Korban Kecelakaan Maut Truk Tangki Pertamina

Tak hanya itu, pihak KNKT juga akan memeriksa keterangan dari supir truk tangki Pertamina yang dikabarkan selamat dan saat ini telah diamankan oleh pihak kepolisian.

Sehingga dari data-data di lapangan bisa ditarik kesimpulan dari insiden tersebut.

BERITA VIDEO : ANTISIPASI KEBAKARAN, DAMKAR LAKUKAN PENYEMPROTAN

"Jadi kita akan lakukan evaluasi yang komprehensif untuk menarik kesimpulan. Kita menganalisa secara holistik semuanya. Jadi, kita terfokus pada kejadian di titik itu, bisa jadi ini bisa melebar kemana, tapi kita gak tahu," ujarnya.

Hasil investasi ini, dikatakan Ahmad tak membutuhkan waktu lama. Kemungkinan dalam waktu 1 sampai 2 hari hasil Investigasi akan keluar.

Sehingga dapat disampaikan apa penyebab dari kecelakaan maut di Jalan Alternatif Cibubur arah Cileungsi.

"Gak lama sih, paling kalo ini kan bukan hal yang sulit ya, jadi mudah-mudahan secepatnya. Periksa kendaraan, bisa periksa wawancara kepada pengemudinya, mungkin1-2 hari sudah punya gambaran apa yang terjadi," ucapnya.

Selidiki pemasangan traffic light CBD

Halaman
12

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved