Berita kesehatan

Virus Cacar Monyet Menular ketika Gejalanya Sudah Terlihat

Masa penularan cacar monyet (monkeypox) terjadi saat muncul lesi dan benjolan-benjolan kecil berisi air.

Editor: AC Pinkan Ulaan
www.gov.uk
Berbagai bentuk benjolan dan lesi yang muncul saat seseorang mengidap cacar monyet (monkeypox). Pada tahap inilah penularan bisa terjadi. Menurut laman kesehatan Pemerintah Inggris (www.gov.uk), setelah bentolan mengering dan rontok, di sana masih ada virus yang masih bisa menular. 

TRIBUNBEKASI.COM -- Penyebaran virus cacar monyet (monkeypox) sudah masuk karegori tahap darurat internasional (public health emergency of international concern/PHEIC) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), karena sudah menyebar ke 80 negara.

Sebagaimana dilansir laman Nature, sudah 16.500 kasus cacar monyet dilaporkan di seluruh dunia.

Untungnya, sampai saat ini cacar monyet tidak terdeteksi di Indonesia. Meski begitu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat tetap waspada.

Pasalnya monkeypox baru bisa menular setelah ada gejala dari penderita. Artinya akan terlambat untuk mencegah penularan bila gejalanya sudah muncul

"Ini (monkeypox) baru menular jika gejalanya sudah terlihat," kata Budi, Rabu (27/7), sebagaimana dilansir laman Kementerian Kesehatan.

Tidak seperti Covid-19, penularan virus monkeypox terjadi melalui sentuhan fisik dengan penderita. Virus menular melalui cairan yang melepuh dari ruam atau bercak merah penderita.

Gejala

Gejala awal dimulai dari demam dan merasa kurang sehat. Tapi baru diduga kuat sebagai penyakit monkeypox setelah ada bercak merah yang muncul.

Bercak tersebut harus cepat diambil cairannya untuk pemeriksaan laboratorium dan diagnosa. Biasanya penyakit ini bisa sembuh dalam waktu 2 minggu sampai 4 minggu.

Di Indonesia kasus monkeypox tidak terdeteksi hingga saat ini. Sebelumnya ada 9 orang suspek namun kemudian dinyatakan bukan monkeypox setelah pemeriksaan Lab.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved