Berita Bekasi

Anggaran Pilkada 2024 Kabupaten Bekasi Diprediksi Melejit Naik Jadi Rp 45 Miliar, Ini Penyebabnya

Melejitnya anggaran dinilai Jajang lumrah terjadi di seluruh kabupaten/kota. Hal itu dikarenakan biasanya jumlah pemilih akan lebih banyak

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
Pexels.com/Tara Winstead
ILUSTRASI PILKADA 2024 --- Anggaran penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di wilayah Kabupaten Bekasi diprediksi di atas Rp 45 miliar. 

TRIBUNBEKASI.COM, KEDUNGWARINGIN --- Anggaran penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di wilayah Kabupaten Bekasi diprediksi di atas Rp 45 miliar.

Angka tersebut merujuk pada total anggaran yang digelontorkan pihaknya saat penyelenggaraan Pilkada 2017 lalu.

Saat itu, Pilkada menghabiskan dana hingga Rp 43,7 miliar.

"Pilkada 2017 kemarin membutuhkan dana Rp 43,7 miliar. Jadi kami mengestimasi jumlahnya akan lebih besar dari Rp 45 miliar untuk Pilkada 2024 nanti," ucap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin, saat dikonfirmasi, Selasa (9/8/2022).

Melejitnya anggaran dinilai Jajang lumrah terjadi di seluruh kabupaten/kota. Hal itu dikarenakan biasanya jumlah pemilih akan lebih banyak dibandingkan pada penyelenggaraan sebelumnya.

Penambahan jumlah pemilih akan mempengerahui pula pada penambahan biaya untuk pengadaan logistik dan honor untuk petugas ad hoc, yakni PPS, PPK dan KPPS.

Baca juga: Pemkot Bekasi Belum Tetapkan Besaran Anggaran Pilkada 2024, Ketua KPU: Masih Proses Pembahasan

Baca juga: Pilkada 2024, Cellica Sebut Demokrat Hanya Incar Wakil Bupati dan 12 Kursi di DPRD, Ini Strateginya

"DPT tahun 2017 ada 1.974.831 jiwa. Sedangkan di tahun ini berdasarkan penetapan daftar pemilih berkelanjutan (DPB) periode Juni kemarin, sudah ada 2.014.115 jiwa," tuturnya.

Jajang menambahkan pihaknya kini belum bisa memastikan total anggaran yang dibutuhkan mengingat saat ini pihaknya masih fokus melakukan tahapan pendaftaran partai politik.

"Saat ini kami masih fokus ke Pemilu terkait tahapan pendaftaran parpol. Jadi belum fokus kepada total anggaran untuk Pilkada 2024," ungkap Jajang. 

BERITA VIDEO : DANI RAMDAN RESMI JADI PJ BUPATI BEKASI

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved