Berita Karawang

Percepat Tangani Kebakaran, Pemkab Karawang Tambah Dua Unit Mobil Damkar Baru

Saat ini, Bidang Damkar pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baru memiliki 9 unit mobil pemadam

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
TribunBekasi.com
Kebakaran terjadi di sebuah toko foto copy di Kampung Kepuh Annur, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang pada Rabu (3/8/2022) sekitar pukul 09.40 WIB. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG ---- Pemerintah Kabupaten Karawang, menambah dua unit mobil Damkar (Pemadam Kebakaran) baru pada 2022.

Dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) menambah jumlah armada Damkar Kabupaten Karawang dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Saat ini, Bidang Damkar pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baru memiliki 9 unit mobil pemadam dan 1 unit mobil angkutan personel damkar.

"Sehingga adanya penambahan dua unit mobil damkar total ada 11 mobil damkar semprot. Diharapkan ini dapat lebih mempercepat petugas damkar dalam penanganan kejadian musibah kebakaran," kata  Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, pada Rabu (10/8/2022).

Sementara itu, Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan Non Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Rohmat mengatakan setelah mendapatkan dua unit mobil damkar tambahan tersebut, pihaknya merasa lebih bersemangat dalam menjalankan tugas, mengingat bertambahnya unit ini bisa meningkatkan kinerja dari damkar sendiri.

"Makin semangat, kita dengan mobil pemadam yang usang saja kinerja kita, kita maksimalkan, apalagi setelah mendapatkan penambahan 2 unit tersebut," ujarnya.

Baca juga: Sering Kesulitan Temukan Sumber Air saat Kebakaran, Damkar Kabupaten Bekasi Bakal Tambah Hidran

Baca juga: Damkar Catat Ada 124 Laporan Kebakaran di Kota Bekasi, Paling Banyak Akibat Korsleting Listrik 

Kemudian, ia juga berharap dengan adanya penambahan 2 unit mobil damkar tersebut dapat meningkatkan kinerja para pemadam yang bertugas di lapangan serta dapat lebih responsif.

"Saya harap tidak hanya saya saja yang bersemangat, melainkan para pemadam yang bertugas dilapangan juga harus bisa senang dan lebih semangat lagi, lebih responsif lagi dalam menanggapi laporan masyarakat serta kinerjanya bisa lebih ditingkatkan lagi," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat hanya memiliki enam pos damkar (pemadam kebakaran) dan sembilan unit mobil damkar.

BERITA VIDEO : PONPES MIFTAHUL KHOIROT KARAWANG KEBAKARAN

Padahal Karawang wilayahnya cukup luas dan terus mengalami perkembangan yang pesat.

Mulai dari pertumbuhan penduduk,  pembangunan kawasan permukiman, industri hingga pusat-pusat perekonomian.

Melihat kondisi itu, Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Karawang, Danu Hamidi meminta Pemkab Karawang segera mengambil tindakan cepat untuk melakukan penambahan pos maupun maupun unit mobil damkar.

Pasalnya, jumlah penduduk di Karawang terus bertambah. Mulai banyak kawasan perumahaan, perekonomian hingga kawasan industri.

"Pemkab Karawang harus segera realisasikan penambahan pos dan mobil damkar. Bagiamana dengan jumlah penduduk yang hari ini sudah 2,3 juta jiwa. Kemudian wilayah-wilayah kawasan industri, perdagangan, pemukiman, juga pasar," kata Danu kepada Warkotalive.com, pada Senin (7/3/2022).

Dia meminta, pemerintah segera menghitung potensi kebencanaan kebakaran khususnya di kawasan padat penduduk serta melihat jangkauan wilayah.

Misalnya, titik antar pos damkar dapat menjangkau radius tempat kebakaran berapa menit waktunya.

"Juga harus tahu potensi ambil air dan sebagainya. Kita engga bisa mengandalkan pihak lain dalam penanggulangan bencana kebakaran ini," beber dia. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved