Berita Kriminal

Update OTT Bupati Pemalang: Sekda Hingga Kepala Dinas Ikut Terciduk, Total Ada 34 Orang

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri menyebut, operasi tangkap tangan tersebut dilakukan terkait dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Pemalang

Editor: Ichwan Chasani
Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK. 

TRIBUNBEKASI.COM — Dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengamankan sebanyak 34 orang.

Selain Mukti Agung Wibowo, sejumlah pihak yang turut diamankan KPK tersebut berasal dari unsur kepala dinas, sekretaris daerah, kepala bidang, dan beberapa pejabat lain di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang.

"Sejauh ini jumlah yang diamankan ada sekitar 34 orang yang terdiri dari bupati, kepala dinas  sekda, kabid dan pejabat lain dilingkungan Pemkab Pemalang," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (12/8/2022).

Dalam OTT yang digelar di wilayah Jakarta dan Kabupaten Pemalang tersebut, Ali Fikri mengklaim pihaknya turut mengamankan sejumlah uang tunai dalam pecahan rupiah dan alat bukti lainnya.

"Jumlahnya (uang tunai) masih terus diklarifikasi kepada pihak-pihak yang ditangkap," kata Ali Fikri.

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan Musnahkan Pakaian Bekas Impor di Gudang Karawang

Baca juga: Jelang Liga 2 Bergulir FC Bekasi City Fokus Matangkan Teknik Para Pemain

Ali Fikri menyebut, operasi tangkap tangan tersebut dilakukan terkait dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Pemalang.

Hingga saat ini, para pihak yang diamankan masih menjalani pemeriksaan intensif di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari para pihak yang ditangkap tersebut.

"Perkembangannya segera kami sampaikan," kata Ali Fikri.

Harta Kekayaan

Dilihat dari laman elhkpn.kpk.go.id, Jumat (12/8/2022), Mukti Agung Wibowo memiliki total harta kekayaan sebesar Rp1.238.068.102. 

Baca juga: Hadirkan 10 Manfaat Nasabah Prioritas, Layanan Moduit Beyond Diluncurkan

Baca juga: Ferdy Sambo Akui Rencanakan Pembunuhan Terhadap Brigadir J, Marah dan Emosi Usai Dilapori Istri

Ia hanya tercatat memiliki satu bidang tanah di Kota Brebes, Jawa Tengah dengan nilai Rp350.000.000.

Selain itu, Mukti Agung Wibobo juga hanya tercatat memiliki satu unit mobil Toyota Innova tahun 2016, senilai Rp250.000.000. 

Dia juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp226.180.000 serta kas dan setara kas sejumlah Rp411.888.102.

Meski demikian, Mukti Agung Wibowo tidak tercatat memiliki utang, sehingga total harta kekayaannnya senilai Rp1.238.068.102. (Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama)

 

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved