Berita Karawang

Sebanyak 26 Pembudidaya Ikan Lele Asal Karawang Dapat Sertifikasi CPIB dari KKP

Sertifikasi tersebut diberikan setelah para pembudidaya mendapatkan pelatihan terkait cara pembenihan ikan yang baik dari KKP.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Sebanyak 26 pembudidaya ikan lele di Kabupaten Karawang, Jawa Barat mendapatkan sertifikasi CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. 

TRIBUNBEKASI.COM — Sebanyak 26 pembudidaya ikan lele di Kabupaten Karawang, Jawa Barat mendapatkan
sertifikasi CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

Sertifikasi CPIB tersebut diberikan setelah para pembudidaya mendapatkan pelatihan terkait cara pembenihan ikan yang baik dari KKP.

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Budidaya pada Dinas Perikanan Karawang, Nur Ridwan Solihin mengatakan pihaknya memfasilitasi para pembudidaya ikan agar dapat mengikuti pelatihan dari kementerian.

Sertifikasi CPIB ini berjalan dua tahap, tahap pertama dilaksanakan di Maret 2022 untuk 17 pembudidaya. Sedang tahap kedua dilaksanakan bulan Juli untuk sembilan pembudidaya.

"Jadi total baru 26 pembudidaya, tahun ini rencananya sebanyak 50 pembudidaya ikan lele di Kabupaten Karawang yang akan diberi fasilitas sertifikat CPIB dari KKP-RI," ujarnya, pada Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Diperiksa Kejagung Terkait Korupsi Rp78 T, Bos Duta Palma Surya Darmadi Kembali Mendadak Sakit

Baca juga: Putri Ayudya Bakal Main Film Horor Bersama Fandy Christian, Judulnya Perjamuan Iblis

Baca juga: Putri Ayudya Bakal Main Film Horor Bersama Fandy Christian, Judulnya Perjamuan Iblis

Dia melanjutkan, dari hasil audit CPIB yang dilakukan oleh KKP-RI, tahap pertama sebanyak 17 pembudidaya ikan lele di Kabupaten Karawang dinyatakan lulus dengan hasil yang baik.

Dia berharap kedepan agar para pembudidaya ikan dapat tersertifikasi semuanya.

"Total pastinya engga tahu, tapi ada sekira 200 lebih pembudidaya ikan," ucapnya.

Dia menambahkan, dari fasilitasi Sertifikat CPIB tersebut, pihaknya berharap pembudidaya ikan lele di Kabupaten Karawang yang sudah difasilitasi bisa lebih berkembang. Dan niai jual benih yang dihasilkan bisa meningkat.

"Tetap, tujuannya untuk mereka bisa lebih berkembang lagi dan saya berharap dengan adanya sertifikat CPIB ini nilai jual benih yang dihasilkan oleh para pembudidaya kita bisa meningkat, meningkat juga peminat benih ikan hasil pembudidaya kita," tandasnya. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved