Berita Nasional

Sandiaga Uno Bangga Desa Wisata Sudaji Mendunia bersama Konsep Sustainable Tourism

Desa wisata ini memiliki daya tarik berupa panorama bukit yang indah serta beningnya air yang mengalir di sekitar persawahan.

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat roadshow program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 ke Desa Wisata Sudaji di Kabupaten Buleleng, Bali baru-baru ini. 

TRIBUNBEKASI.COM — Desa Wisata Sudaji di wilayah Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali menjadi salah satu pelopor Desa Wisata yang berkonsep sustainable tourism.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat roadshow program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 ke Desa Wisata Sudaji di Kabupaten Buleleng, Bali baru-baru ini.

”Sudaji membawa suatu buat kami kebanggaan sendiri di Kemenparekraf. Karena putra terbaik Sudaji menorehkan sejarah mendunia. Membawa konsep desa wisata dan sustainable tourism. Menjadi suatu trend yang unstoppable. Global trend di pariwisata yang sekarang lebih pascapandemi mendorong sustainability,” kata Sandiaga Uno dalam pernyataan resminya. 

Desa Wisata Sudaji masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam ADWI 2022.

Desa wisata ini telah melalui proses uji standar penilaian tim juri yang terdiri dari tujuh kategori yakni Daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya); Suvenir (kuliner, fesyen, dan kriya); Homestay; Toilet umum; Digital dan kreatif; Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE); dan Kelembagaan Desa.

Mereka nantinya akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf, yakni Astra.

Desa tersebut akan menjadi peserta program Desa Sejahtera Astra (DSA) dalam jangka waktu setahun. 

Baca juga: Ferdy Sambo dan Bharada E Dipastikan Bakal Hadir saat Rekonstruksi Brigadir J Selasa Besok

Baca juga: Pemkab Karawang Mulai Bangun RSUD Rengasdengklok, Telan Anggaran Rp 200 Miliar Lebih

Kehadiran Sandiaga Uno ke desa tersebut sebagai bukti nyata dukungan Kemenparekraf dalam meningkatkan kualitas desa wisata di Kabupaten Buleleng.

Kedatangan Sandiaga Uno disambut hangat masyarakat dan unsur pemerintah daerah setempat, salah satunya Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Sandiaga Uno dan rombongan Parekraf dihibur dengan Tarian Prabawaning Sudaji. Tarian ini memiliki arti sinar suci dari Desa Sudaji.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved