Berita Karawang

Percepat Penanganan Kebakaran, Anggota DPRD Karawang Desak Tiap Kecamatan Punya Armada Damkar Mini

Menurut Pipik, kehadiran Damkar mini di setiap kecamatan itu membuat masyarakat merasa aman dan jika terjadi kebakaran

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
Dok. Damkar Karawang
ILUSTRASI PEMADAM KEBAKARAN --- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang mendesak agar tiap kecamatan memiliki armada unit pemadam kebakaran (damkar) agar penanganan kebakaran bisa lebih cepat. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG --- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang mendesak agar tiap kecamatan memiliki armada unit pemadam kebakaran (damkar) agar penanganan kebakaran bisa lebih cepat.

"Saya akan dorong dan usulkan agar tiap kecamatan punya armada damkar. Engga meski mobil, bisa aja seperti damkar mini pakai cator roda tiga gitu," kata anggota DPRD Karawang, Pipik Taufik Ismail, pada Jumat (2/9/2022).

Menurut Pipik, kehadiran Damkar mini di setiap kecamatan itu membuat masyarakat merasa aman dan jika terjadi kebakaran bisa dapat ditangani secara dini sambil menunggu mobil damkar besar datang.

“Sekarang kan setiap kebakaran apalagi daerah pesisir atau yang jauh dari titik posko damkar. Itu kan suka lama datangnya, keburu hangus dan bisa menyebar lebih banyak kebangunan lain," ungkap dia.

Anngota Komisi III menilai pengadaan damkar mini di setiap kecamatan ini tidak terlalu membebani Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Karawang.

Dikatakannya, menilai satu mobil damkar besar itu sama saja nilainya dengan 30-50 damkar mini.

Baca juga: Musibah Kebakaran di Grogol Selatan, Rumah Warga di Satu RT Ludes, Ratusan Jiwa Dievakuasi di Gereja

Baca juga: Nyaris Putus Asa Terjebak Kebakaran, Fatoni Bersyukur Selamat Keluar dari Lubang Kecil Lantai Empat

“Kebakaran sudah sering terjadi di Karawang. Tapi minim antisipasi, saya berharap pemda respon cepat dengan pengadaan damkar-damkar mini minimal setiap kecamatan di Karawang,” ucapnya.

Nanti damkar mini itu disimpan di kantor kecamatan dan diberi pelatihan petugas kecamatan untuk pengoperasian damkar mini tersebut.

"Bisa disimpan di kecamatan atau desa kalau memang di dekat kecamatan itu sudah ada posko damkarnya. Ya minimal kehadiran damkar ini sebagai antisipasi untuk pertolongan pertama pada kebakaran,” tandasnya.

BERITA VIDEO : KEBAKARAN DI GROGOL SELATAN SEKITAR 100 RUMAH TERBAKAR

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved