Kasus HIV AIDS

Kasus HIV/AIDS Capai 2.052, Wabup Karawang Minta Dinkes dan DPPKB Serius Tangani

Kasus HIV/AIDS ada 2.052 kasus, ini data kumulatif sejak tahun 1992 sampai Juni 2022. Dari data itu puluhan diantaranya pelajar dan mahasiswa.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com
Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh di Pemda Karawang menyebut pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana (DPPKB) Karawang dan Dinas Kesehatan Karawang. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyatakan total sebanyak 2.052 warga terinfeksi HIV/AIDS.

Kasus HIV/AIDS ada 2.052 kasus, ini data kumulatif sejak tahun 1992 sampai Juni 2022. Dari data itu puluhan diantaranya pelajar dan mahasiswa.

Atas kondisi itu, Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh menyebut sudah langsung berkoordinasi dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana (DPPKB) Karawang dan Dinas Kesehatan Karawang.

"Kami sudah menyampaikan kepada DPPKB dan juga Dinkes dalam upaya penekanan angka kasus HIV AIDS di Kabupaten Karawang untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang penyebaran HIV ADIS," karanya, Sabtu (10/9/2022).

Wabup mengatakan penyebaran HIV AIDS disebabkan karena gaya hidup bebas.

Baca juga: Tega Nian, Seorang Nenek Dibuang dari Mobil Avanza, Polisi Masih Buru Pelaku

Baca juga: Kenaikan Harga BBM Dikeluhkan Pengusaha Kontruksi di Karawang

"Gaya hidup bebas di sini berarti, maaf, yang tidak terkontrol. Kemarin, kata kepala DPPKB bersama Dinkes juga akan melakukan sosialisasi terkait HIV ini," jelasnya.

Ia juga berpesan agar seluruh sektor pemerintah terkait segera menangani bila ditemukan kasus baru HIV AIDS. Selain Dinkes dan DPPKB, juga Satpol PP harus melakukan upaya pencegahan dengan rutin melakukan patroli dan pengawasan tempat hotel, atau kosan.

"Jadi ini harus benar-benar diinformasikan, jangan sampai siapapun yang terpapar HIV AIDS dikucilkan dan dibiarkan begitu saja, harus ditangani dengan khusus, dikhawatirkannya kalau tidak ditangani dengan baik malah menularkan ke orang-orang di sekitarnya," katanya.

Ia juga berharap, bahwa ke depannya ada mapping dan sinkronisasi data paparan HIV AIDS di Kabupaten Karawang

"Dari data yang sudah ada ini harus disinkronisasi lalu untuk mengetahui jumlahnya. Ya mudah-mudahan dengan bersama dan juga komitmen, dan semoga bisa terselesaikan," pungkasnya.

Baca juga: SIM Keliling Karawang Sabtu 10 September 2022 di Parkiran Mega Mal Hingga Pukul 12.00 WIB

Baca juga: SIM Keliling Kota Bekasi Sabtu 10 September 2022 di Revo Town Bekasi Hingga Pukul 10.00

Sebanyak 2.052 warga Karawang, Jawa Barat terinfeksi HIV/AIDS. Puluhan diantaranya pelajar dan mahasiswa.

Hal itu berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Kasus HIV/AIDS ada 2.052 kasus, ini data kumulatif sejak tahun 1992 sampai Juni 2022," kata Juru Bicara KPA Karawang, Yana Aryana, kepada TribunBekasi.com, pada Rabu (31/8/2022).

Yana menjelaskan, rata-rata warga terkena HIV/AIDS merupakan usia produktif mulai 20 hingga 29 tahun. Akan tetapi dari data itu juga ada pelajar dan mahasiswa.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved