Berita Karawang

Pemkab Karawang Siapkan Bansos Buat Warga Terdampak Kenaikan Harga BBM

Kini Pemkab Karawang fokus dalam pendataan bantuan dari pemerintah pusat untuk memastikan benar-benar sampai ke sasaran yang tepat.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Pemerintah Kabupaten Karawang menyiapkan bantuan sosial (bansos) bagi warga yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan sesuai arahan pemerintah pusat kurang lebih 20 persen disisihkan dari dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK).

"Kemarin kita diarahkan untuk memberikan bantuan sosial tambahan khususnya bagi terkait kenaikan BBM kemarin kurang lebih sekitar 20 persen dari DAU dan DAK," kata Cellica, pada Selasa (13/9/2022).

Cellica menjelaskan, untuk teknis masih akan dibahan, termasuk besaran bansos tersebut.

Saat ini pihaknya hanya fokus dalam pendataan bantuan dari pemerintah pusat untuk memastikan benar-benar sampai ke sasaran yang tepat.

Baca juga: Ratusan Sekolah Rusak di Karawang, Anggota DPR Minta Pemda Kreatif Cari Terobosan Atasi Perbaikan

Baca juga: Musim Hujan Diprediksi Datang Lebih Awal, BPBD Kabupaten Bekasi Imbau Masyarakat Waspada 

"Khusus bansos dari pemda karawang belum masih dibahas. Tapi ini memang tugas kami mendata bantuan ini sampai ke sasaran orang orang yang membutuhkan," ungkap dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Karawang, menyiapkan langkah untuk menekan laju inflasi paska kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Pengambilan langkah harus dilakukan sesuai Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah bersama sejumlah Kementerian Lembaga (K/L) diikuti Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah dan segenap jajaran TNI/Polri se-Indonesia yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Kami Pemda Karawang siap bekerja maksimal agar paska harga baru BBM, inflasi atau kenaikan harga komoditas lain tidak terlampau tinggi," katanya, pada Jumat (9/9/2022).

Cellica menerangkan, sejumlah hal penting dilakukan terkait proteksi dan pengendalian inflasi daerah paska penyesuaian harga BBM di seluruh Indonesia.

Baca juga: Naik Rp 3.000 Per Gram, Segini Harga Emas Batangan Antam di Bekasi Hari Selasa Ini, Simak Rinciannya

Baca juga: Sebulan Sudah Bisa Dilintasi Pengendara, Pagar Pembatas Jembatan Antilope Belum Terpasang Sempurna

Salah satunya dengan memperkuat jaring pengaman sosial, hal itu sesuai dengan program pemerintah pusat paska diterapkannya harga BBM baru.

"Kami akan menyokong bantalan sosial yang tengah disiapkan pemerintah pusat untuk masyarakat miskin dan rentan miskin di Karawang," imbuhnya.

Cellica menambahkan, jajaran Dinas Sosial dan stakeholder telah diminta untuk mendata dan menyiapkan langkah dalam upaya mendukung bantuan sosial.

"Jadi kami juga tengah menyiapkan jaring pengaman sosial dalam upaya membantu paska penyesuaian harga BBM," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved