Vaksinasi Covid19

Warga Lansia Kota Bekasi Sudah Bisa Memperoleh Vaksin Booster Dosis 2 di Fasyankes Terdekat

Dinas Kesehatan Kota Bekasi telah membuka layanan vaksin booster dosis 2 bagi para lansia.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: AC Pinkan Ulaan
Imuneclinicas/Istimewa
Warga lansia Kota Bekasi sudah bisa memperoleh vaksinasi booster dosis 2 di fasyankes terdekat. Keterangan Foto: (Ilustrasi) 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN -- Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengumumkan bahwa warga lansia di Kota Bekasi sudah bisa mendapat vaksinasi booster kedua, dengan mendatangi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Nia Aminah, menjelaskan bahwa saat ini layanan vaksinasi booster kedua masihdiperuntukkan bagi para lansia.

Menurut Nia Aminah, vaksin booster kedua adalah upaya memberikan tambahan perlindungan dari Covid-19.

"Booster kedua untuk lansia sudah dilaksanakan. Jenis vaksin yang digunakan sesuai ketersediaan," kata Nia Aminah, Minggu (27/11).

Vaksin yang digunakan

Untuk vaksinasi booster kedua bagi lanisa ini, diungkapkan oleh Nia, Dinas Kesehatan Kota Bekasi akan memberikan vaksin jenama Pfaizer, sebab saat ini vaksin tersebut yang sudah tersedia di sejumlah layanan kesehatan di Kota Bekasi.

"Untuk jenis vaksin Pfizer saat ini yang ada, dan bisa digunakan untuk booster ke 2 semua jenis vaksin (utama). Kecuali sinopharm dan covovax, itu tidak bisa," katanya.

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan telah memulai pemberian vaksinasi covid-19 booster dosis kedua, atau dosis keempat untuk lansia berusia di atas 60 tahun.

Kebijakan ini tercantum dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi covid-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Lanjut Usia.

Surat edaran itu Berlaku efektif sejak ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu pada 22 November 2022.

Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan, M Syahril menyatakan kebijakan tersebut dilakukan untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap kelompok rentan, untuk mengurangi tingkat keparahan, bahkan mengurani kematian akibat Covid-19.

SE tersebut juga dimaksudkan untuk mendorong pemerintah daerah dan fasyankes penyelenggara vaksinasi, baik pemerintah maupun swasta untuk melakukan vaksinasi covid-19 booster kedua bagi lansia.

Vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster kedua adalah vaksin yang telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan POM dan rekomendasi ITAGI, serta memperhatikan vaksin yang tersedia di masing-masing daerah.

Berikut adalah regimen vaksin yang dapat digunakan untuk vaksinasi booster kedua bagi lansia:

Halaman
123
Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved