Berita Karawang

Dua Lansia Mengaku Ratu Adil dan Imam Mahdi, MUI Karawang Nilai Hanya Orang Iseng

MUI Karawang sudah menerima laporan kejadian dan langsung mendatangi lokasi tersebut. Namun, hingga saat ini keberadaan dua orang itu belum diketahui.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com
Sebuah video seorang wanita dan pria paruh baya asal Karawang, Jawa Barat mengklaim dirinya Ratu Adil dan Imam Mahdi Republik Kutatandingan viral di media sosial. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Karawang menilai dua pria dan wanita mengaku Ratu Adil dan Imam Mahdi Republik Kutatandingan hanya orang iseng.

Apalagi dari keterangan warga orangnya tidak jelas dan tidak melihat adanya aktivitas di lokasi tersebut.

"Saya menilai itu cuma iseng, kalau berdasarkan laporan tidak ada aktivitas jemaah," kata Ketua MUI Karawang KH Tajuddin Nur saat dikonfirmasi pada Sabtu (3/11/2022).

Tajuddin mengaku sudah menerima laporan kejadian dan langsung mendatangi lokasi tersebut. Namun, hingga saat ini keberadaan dua orang itu belum diketahui.

"Kemarin kan sudah ditinjau ke sana, jadi memang orangnya nggak ada. Kalau menanggapi itu ya memang sudah jelas, jangankan kita orang Islam, orang yang mempercayai klenik (aktivitas mistis) saja mungkin nggak akan percaya sama mereka," ujarnya.

BERITA VIDEO: VIRAL, WANITA DAN PRIA TUA DI KARAWANG MENGAKU RATU ADIL DAN IMAM MAHDI REPUBLIK KUTATANDINGAN

Bagi KH Tajuddin Nur, masyarakat awam pun tidak akan percaya bahwa mereka adalah Ratu Adil dan Imam Mahdi. Dua gambaran tokoh itu disebut berbeda jauh dari sosok yang mengaku tersebut.

"Itu Ratu Adil kan istilah yang muncul dari ramalan Raja Jayabaya, nah kalau Imam Mahdi sendiri tentu seorang tokoh yang akan muncul dalam Islam. Mengacu pada hadis maupun literatur, baik Ratu Adil maupun Imam Mahdi jelas berbeda jauh dengan sosok mereka," tutur KH Tajuddin Nur.

Viral, Kerajaan Ratu Adil Imam Mahdi yang berada di Kp Cikeruh RT 28/13 Dusun Liosari Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel.

Baca juga: Turun Rp 6.000 Per Gram, Segini Harga Emas Batangan Antam di Bekasi Hari Sabtu Ini, Cek Detailnya

Baca juga: UMK 2023 Karawang Direkomendasikan Naik 10 Persen, Apindo Tolak dan Sebut Melanggar Regulasi

Hal itu viral setelah adanya video pengakuan wanita dan pria tua yang mengklaim dirinya sebagai Ratu Adil Imam Mahdi Republik Kutatandingan yang berada di Kp Cikeruh RT 28/13 Dusun Liosari Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel.

Sekretaris Daerah Karawang, Acep Jamhuri dalam keterangannya menyampaikan pada Selasa 29 November 2022 pukul 12.30 WIB sampai 15.00 WIB, Muspika Ciampel yang terdiri dari Kasi Trantib Ciampel, Bhabinkamtibmas Polsek Ciampel, Babinsa, dan aparat Desa Mulyasejati didampingi oleh tokoh agama, tokoh masyarakat mendatangi rumah yang diduga menjadi lokasi poatingan video tersebut.

Namun setelah mendatangi rumah tersebut, tidak ada pemiliknya dan hanya berisikan pakaian bekas dan poster-poster gambar bertuliskan Saung Agung.

"Berdasarkan keterangan Ketua RT suadara Kohar, bahwa pemilik rumah itu sudara Rosid berasal dari Kecamatan Sukasari, Cibereum Purwakarta dan mempunyai lahan garapan kebun pisang dan jeruk seluas kurang lebih 1 Hektare," katanya.

Acep Jamhuri melanjutkan, menurut keterangan Ketua RT Rosid sudah menggarap lahan tersebut kurang lebih selama 4 tahun, tetapi belum pernah melihat adanya jemaah kumpul di rumah atau saung tersebut.

Baca juga: SIM Keliling Karawang Sabtu 3 Desember 2022 di Parkiran Mega Mal Hingga Pukul 12.00 WIB

Baca juga: Diterpa Isu Nikah Siri, Nissa Sabyan Bergegas Menghindar, Ayus Diam Seribu Bahasa

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved