Breaking News:

Info Baznas

Kembangkan Pemulihan Ekonomi Pasca Erupsi Gunung Semeru, Baznas Genjot Program Kita Jaga Usaha

program-program pemulihan ini akan terus dikembangkan oleh BAZNAS seperti pemulihan ekonomi melalui program Kita Jaga Usaha

Editor: Dedy
Istimewa
Selain memberikan bantuan langsung, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) berkomitmen membantu warga terdampak melalui program pemulihan (recovery) pasca erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

TRIBUNBEKASI.COM --- Selain memberikan bantuan langsung, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) berkomitmen membantu warga terdampak melalui program pemulihan (recovery) pasca erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.  

"Tidak hanya memberikan bantuan langsung dan memberikan layanan kesehatan, dapur umum, dapur air, dan layanan dukungan psikososial, Insyaallah BAZNAS juga akan ikut serta bertanggung jawab untuk pemulihan pasca erupsi Gunung Semeru," ujar Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (7/12/2021). 

Prof Noor menyampaikan, program-program pemulihan ini akan terus dikembangkan oleh BAZNAS.

Seperti pemulihan ekonomi melalui program Kita Jaga Usaha, pendidikan bagi anak-anak yang ditinggal orang tuanya melalui Kita Jaga Yatim, hingga program bantuan rumah layak huni. 

Baca juga: Jokowi Tinjau Pos Layanan Psikososial BAZNAS, Anak-anak Korban Erupsi Semeru jadi Tambah Semangat

Baca juga: BAZNAS Bantu Buka Akses Jalan Terputus Hingga Evakuasi Warga dan Hewan Ternak Imbas Erupsi Semeru

"Pemulihan pasca erupsi ini akan menghabiskan biaya yang sangat besar. Untuk itu, BAZNAS akan terus melakukan sinergi dengan berbagai pihak agar program-program tersebut dapat berjalan sehingga dapat membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru," jelasnya. 

Prof Noor juga menyampaikan duka yang mendalam atas korban erupsi Gunung Semeru.

"Kita juga berdoa semoga mereka yang wafat ditempatkan sebagai orang-orang yang syahid dan mendapat Surga-Nya Allah. Kita berdoa bagi mereka yang mengalami luka-luka agar segera disembuhkan."

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI yang membawahi Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, MA mengatakan langkah awal yang akan dilakukan untuk pemulihan pasca erupsi Gunung Semeru adalah membangkitkan kembali kegiatan ekonomi masyarakat. 

"Kita akan konsentrasi dalam mengembalikan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga komponen-komponen lain akan ikut bangkit," jelasnya. 

Saidah menjelaskan, BAZNAS masih terus siap siaga untuk melayani masyarakat terdampak.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved