Breaking News:

Natal dan Tahun Baru

Apa Saja Aturan Perjalanan Transportasi Darat Selama Libur Natal dan Tahun Baru yang Harus Dipenuhi?

Aturan perjalanan transportasi darat di momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Editor: Panji Baskhara
Wartakotalive.com
Ilustrasi: Telah terbit aturan perjalanan transportasi darat selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Foto: Pos Penyekatan di Gerbang Tol Bekasi Barat 1 saat diberlakukan penutupan pada 21 Juli 2021. 

TRIBUNBEKASI.COM - Telah terbit aturan perjalanan transportasi darat selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Diketahui, aturan perjalanan transportasi darat di momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Aturan perjalanan transportasi darat selama masa libur Nataru, melalui Surat Edaran (SE) Nomor 109 Tahun 2021.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi membenarkan hal itu.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Trafik Layanan Data di Momen Nataru, Telkomsel Siapkan Sejumlah Langkah

Baca juga: Stasiun Karawang dan Cikampek Siapkan Layanan Antigen saat Nataru

Baca juga: Polda Jabar Siapkan Dosis Vaksin di Titik Pembatasan Mobilitas saat Libur Nataru

Ia mengatakan, setiap pelaku perjalanan transportasi darat pada masa libur Nataru harus sudah divaksin dengan dosis lengkap.

"Selain itu ketentuan lainnya, yaitu untuk penumpang transportasi darat seperti bus, harus membawa hasil negatif tes Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam," ucap Budi, Sabtu (18/12/2021).

Kemudian aturan lainnya, untuk penumpang transportasi darat dengan usia di bawah 12 tahun wajib melakukan RT-PCR yang sampelnya diambil 3x24 jam.

"Tetapi Khusus untuk pelaku perjalanan di wilayah aglomerasi, tidak wajib menunjukkan kartu vaksin maupun hasil tes antigen, kata Budi.

Dalam aturan ini juga, diatur maksimal kapasitas penumpang angkutan umum penyeberangan yang hanya boleh mengangkut penumpang sebanyak 75 persen selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Kami juga meminta operator transportasi diminta melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di dalam kendaraan umum maupun kapal penyeberangan setiap 24 jam," ucap Budi.

Untuk pembatasan mobilitas kendaraan pribadi, lanjut Budi, pihaknya akan mengatur skenario lalu lintas sesuai dengan diskresi Polri yang berlaku di jalan tol dan non-tol, contra flow, jalur satu arah, maupun ganjil genap.

(Tribunnews.com/Hari Darmawan)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ini "Syarat Perjalanan Darat Selama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022"

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved