Breaking News:

Berita Bisnis

Antisipasi Lonjakan Trafik Layanan Data di Momen Nataru, Telkomsel Siapkan Sejumlah Langkah

Guna antisipasi lonjakan trafik komunikasi selama Natal dan Tahun Baru, Telkomsel mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan

Editor: Ichwan Chasani
Warta Kota/Ichwan Chasani
Ilustrasi - Telkomsel. 

TRIBUNBEKASI.COM — Telkomsel, perusahaan operator telekomunikasi seluler nasional, memprediksi terjadinya lonjakan trafik layanan data (Payload) pada momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengungkapkan bahwa pada momen perayaan Natal 2021 diperkirakan terjadi peningkatan payload sebesar 8,38 persen, dibandingkan rata-rata trafik harian normal.

Sedangkan pada malam Tahun Baru 2022, akan melonjak hingga 15,08 persen, dengan total payload diprediksi mencapai 45.877 terabyte (TB).

“Prediksi tersebut juga didorong pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini,” ucap Nugroho di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Angkutan Penyeberangan Pelabuhan Diprediksi Naik 29 Persen, ASDP Pastikan Kapasitas Kapal Memadai

“Di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian,” sambungnya.

Nugroho merinci, akses layanan media sosial pada periode Natal dan Tahun Baru diprediksi tumbuh sekitar 23,42 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,83 persen, dan layanan streaming video meningkat sekitar 27,44 persen.

Sementara, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,17 persen, akses browsing naik 27,92 persen, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 67,29 persen.

Untuk menyambut momen spesial akhir tahun ini, Telkomsel telah menyiapkan sejumlah langkah.

Baca juga: Torehkan Rekor Baru, PNBP Subsektor Perikanan Tangkap KKP Kini Tembus Rp700 Miliar

Penguatan tersebut dilakukan melalui sejumlah aktivitas yang fokus kepada upaya pengamanan kapasitas dan kualitas jaringan broadband, hingga jaminan ketersediaan produk dan layanan unggulan.

Guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama momen Natal dan Tahun Baru kali ini, Telkomsel mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan.

Khususnya untuk kenyamanan konektivitas broadband 4G/LTE di 471 Point of Interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Hingga November 2021, Laba Krakatau Steel Tembus Rp1 Triliun

POI tersebut mencakup 124 area residensial, 266 area spesial (alun-alun dan pusat perbelanjaan), 5 rumah sakit utama penanganan Covid-19, 6 tempat ibadah, serta 70 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi.

Terkait 70 titik strategis, meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, stasiun, jalan raya utama, rest area, serta fasilitas umum lainnya.

“Telkomsel sebagai society enabler senantiasa konsisten untuk buka semua peluang melalui optimalisasi infrastruktur jaringan broadband, agar semua orang bisa tetap terhubung pengalaman digital yang maksimal walau dalam keterbatasan mobilitas,” terang Nugroho. (Tribunnews.com/Ismoyo)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved