Breaking News:

Berita Sepakbola

Agar Timnas Berprestasi di Masa Depan, PSSI Didorong Beri Shin Tae-yong Kontrak Jangka Panjang

Menurut Akmal, di bawah kepemimpinan Tae-yong, Timnas Indonesia saat ini sedang membentuk pondasi kuat untuk bisa berprestasi di masa depan. 

Tangkapan Layar Kompas TV
Pengamat Sepak Bola, Akmal Marhali dalam Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Sabtu (25/12/2021). 

TRIBUNBEKASI.COM — Timnas Indonesia dinilai bakal berprestasi di masa depan, termasuk bisa menjuarai Piala AFF, bila memberikan kesempatan kepada Shin Tae-yong untuk terus membina Witan Sulaiman dan kolega. 

Pengamat Sepak Bola, Akmal Marhali mendorong agar PSSI memberikan kontrak dengan jangka panjang kepada pelatih asal Korea Selatan tersebut.

"Menurut saya kita bisa berprestasi, termasuk juara AFF empat tahun ke depan, dengan syarat timnas mengontrak Shin Tae-yong dengan jangka panjang, untuk membangun pondasi timnas yang kuat ke depannya," ucap Akmal kepada Tribunnews.com, jejaring TribunBekasi.com, Rabu (29/12/2021). 

Menurut Akmal, di bawah kepemimpinan Tae-yong, Timnas Indonesia saat ini sedang membentuk pondasi kuat untuk bisa berprestasi di masa depan. Akmal pun menegaskan, tidak ada cara instan untuk bisa meraih prestasi.

Baca juga: Akui Timnas Thailand Bagus, Shin Tae-yong Akan Tempa Mental Juara pada Timnas Indonesia

Baca juga: Jelang Laga Final, Shin Tae-yong Bersama Asisten Analisis Langsung Permainan Thailand

"Prestasi tidak bisa dibeli secara instan, atau dengan cara instan," tandasnya. 

Akmal menambahkan, setiap negara yang berprestasi dalam sepak bola, membutuhkan waktu mencapai belasan atau bahkan puluhan tahun hanya untuk melakukan pembinaan dan pembenahan di segala aspek.

"Spanyol misalnya, bisa kembali merajai Eropa dan dunia, itu butuh waktu 16 tahun untuk melakukan pembinaan dan pembenahan di segala sisi," kata Akmal.

"Sampai akhirnya Spanyol juara di Eropa pada 2008 hingga akhirnya juara piala Dunia 2010. Kemudian juara di Eropa 2012," sambung dia.

Baca juga: Shin Tae-yong Akui Pemain Timnas Indonesia Masih Buruk Dalam Antisipasi Set Piece

Baca juga: Shin Tae-yong Tak Senang Jika Pemain Timnas Indonesia Bikin Cedera Pemain Lawan

Contoh lain adalah Jerman yang membutuhkan waktu sampai 14 tahun untuk kembali berhasil menadi juara dunia pada 2014. 

"Lalu Belgia yang butuh waktu 20 tahun untuk menjadi tim dengan peringkat terbaik di FIFA saat ini," tutur Akmal.

"Artinya untuk bisa menjadi tim yang kuat dan berprestasi, kita harus melewati tangga-tangga selangkah demi selangkah. Kita butuh program yang bagus, dan ini yang harus dijalani oleh timnas kita," pungkas dia. (Tribunnews.com/Lusius Genik Lendong)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved