Breaking News:

Berita Bekasi

Hadapi Potensi Bencana Banjir dan Longsor, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi Siaga 24 Jam

tim Damkar yang disiagakan bukan hanya menangani banjir, tapi juga kedaruratan lain seperti munculnya binatang yang mengganggu warga

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
TribunBekasi.com/Rangga Baskoro
ILUSTRASI BANJIR --- Banjir kiriman dari Sungai Citarum merendam RT 02 RW 04, Kampung Bojongponcol, Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, sejak sejak pukul 12.00 WIB, pada Minggu (12/12/2021). 

TRIBUNBEKASI.COM, CIKARANG --- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi menyatakan kesiagaannya untuk menghadapi antisipasi bencana banjir yang diakibatkan tingginya curah hujan. 

Seperti diketahui bencana alam, banjir, tanah longsor serta hujan disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bekasi. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Hasan Basri menyatakan, petugas Damkar di tiap posko baik pusat maupun yang berada di wilayah semua siaga penuh. 

"Dari mulai tim rescue, tim evakuasi semua standby baik yang di posko utama maupun yang di wilayah. Kita menunggu laporan, dan akan bergerak cepat," ujar Hasan saat dikonfirmasi, Senin (3/1/2022).

Baca juga: Hadapi Bencana Banjir, BPBD Kabupaten Bekasi Siagakan 48 Perahu Karet

Baca juga: Temukan Lokasi Banjir, Warga bisa Lapor Melalui Aplikasi JAKI atau Call Center Jakarta Siaga 112

Hasan menjelaskan, tim Damkar yang disiagakan bukan hanya menangani saat banjir, tapi juga kedaruratan lain seperti munculnya binatang yang mengganggu warga ketika terjadi banjir. 

"Yang paling prioritas adalah membantu warga pasca banjir. Kita juga terus berkomunikasi. Tim disiagakan, baik dalam melayani saat terjadi banjir maupun pasca banjir," jelasnya. 

BERITA VIDEO : IMBAU WARGA BEKASI TAK BUANG SAMPAH SEMBARANG

Masalah yang terjadi pasca banjir, kata dia, diantaranya warga mengalami kesulitan dalam membuang air dan lumpur yang menggenang di dalam rumah. 

"Damkar juga membantu warga dalam menyedot air agar rumah yang terdampak genangan air bisa segera ditempati. Kita memiliki alat pembuang air. Kita juga membantu warga yang terdampak pasca banjir," kata Hasan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved