Breaking News:

Berita Karawang

Istri Menkes Tinjau Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di RSUD Karawang

Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Karawang ini juga sudah sesuai dengan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI)

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Istri Menteri Kesehatan Ida Rachmawati Budi Sadikin, Sekretaris DP3A Provinsi Jawa Barat, Dr. Sisca Gerfianti, Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana, dan Plt Direktur RSUD Karawang Fitra Hergyana saat meninjau vaksinasi anak usia 6-11 tahun di RSUD Karawang, pada Senin (3/1/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak usai 6-11 tahun, pada Senin (3/1/2022).

Vaksinasi anak dilakukan serentak hari ini di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan pembukaan vaksinasi anak dipusat di RSUD Karawang.

Hadir Istri Menteri Kesehatan Ida Rachmawati Budi Sadikin, Sekretaris DP3A Provinsi Jawa Barat, Dr. Sisca Gerfianti, Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana, dan Plt Direktur RSUD Karawang Fitra Hergyana.

Ida yang juga Ketua Dewan Penasihat DWP Kemenkes RI menjelaskan vaksinasi ini sangat penting bagi anak. Selain meningkatan kekebalan tubuh agar terhindari Covid-19, juga persiapan pembelajaran tatap muka.

"Untuk di RSUD Karawang ini ada 200 anak yang divaksinasi. Kalau target Karawang tadi kata ibu bupati 238 ribu anak," ujarnya.

Baca juga: Peristiwa Heboh di Karawang Tahun Lalu, dari Pembunuhan Mahasiswa Hingga Bentrok Ormas

Dia menerangkan, untuk target vaksinasi anak usia 6-11 tahun sebanyak 26,5 juta. Hingga saat ini sudah dilakukan vaksinasi sebanyak 3,8 juta anak.

"Semoga ini dapat segera tercapai targetnya, agar sehat dan meningkatkan kekebalan tubuhnya," imbuh dia.

Sementara Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan, latar belakang dilaksanakan vaksinasi covid 19 pada anak usia 6-11 tahun adalah adanya kasus Covid-19 pada usia 6-17 tahun.

Data Pusdatin tanggal 8 Desember 2021, jumlah kasus aktif pada anak laki- laki 10 persen dan perempuan 13 persen.

Baca juga: Korban Penipuan Wedding Organizer di Karawang Capai Puluhan Orang, Polisi Fokuskan Jadi 2 LP

"Ini menunjukkan bahwa memang anak usia 6 tahun sampai 17 tahun memang rentan terpapar virus Covid-19. Puncaknya adalah ketika varian delta. Anak-anak di Karawang banyak yang terpapar," ujar Cellica.

Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Karawang ini juga sudah sesuai dengan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI/ Indonesion Technical Advisory Group of Immunization) yang telah menyetujui dan memberi rekomendasi penggunaan vaksin coronavac untuk usia 6- 11 tahun.

"Alhamdulullah pelaksanaan kick off vaksin untuk anak usia 6-11 tahun berjalan lancar. Hari ini ada sebanyak 200 anak sudah divaksin dosis pertama di RSUD Karawang vaksin yang digunakan adalah Sinovac (CoronaVac Biofarma Covid-19)," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved