Berita Bekasi

TPA Burangkeng Kepenuhan, Dinas LH Kabupaten Tutup Sampah TPS Liar Kali CBL dengan Tanah

Kemungkinan besar, sambung Sumardi, sampah-sampah alan ditutup dengan tanah dam direncanakan untuk dibuat penghijauan.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
TribunBekasi.com/Rangga Baskoro
ILUSTRASI TPS LIAR --- Sampah-sampah TPS liar di pinggir Kali CBL di Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, mulai diangkut ke TPA Burangkeng, Kecamatan Setu, Jumat (4/1/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, TAMBUN SELATAN --- Volume sampah di TPA Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi sudah kepenuhan atau overload.

Oleh sebab itu, ia menjelaskan tak memungkinkan apabila memindahkan seluruh sampah di TPS liar Kali CBL, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, ke TPA Burangkeng.

"Di TPA juga sudah kepenuhan, jadi enggak mungkin kalau semua sampah di TPS ini, diangkut ke sana," tutur Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Wilayah II Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Bekasi, Sumardi, saat dikonfirmasi, Jumat (4/2/2022).

Ada pun proses pengangkutan sampah di TPS liar Kali CBL, semata-mata dilakukan hanya untuk mengurangi sedikit timbunan sampah di sana.

Baca juga: Puluhan Truk Bolak-balik Angkut Tumpukan Sampah dari TPS Liar Kali CBL ke TPA Burangkeng

Baca juga: TPS Liar Kali CBL Resmi Ditutup, Pemkab Bekasi Segera Cari Lokasi TPS Baru

Proses tersebut dilakukan sejak Selasa (1/2/2022) lalu dan berakhir pada hari ini untuk dilakukan proses evaluasi.

"Satu hari kami bisa angkut 25 truk, pengangkutan sudah empat hari dan sekarang akan kami evaluasi dulu untuk menentukan langkah selanjutnya," ujarnya.

Kemungkinan besar, sambung Sumardi, sampah-sampah akan ditutup dengan tanah dan direncanakan untuk dibuat penghijauan.

"Makanya akan kami evaluasi dulu, baru kami sampaikan hasilnya ke pimpinan, kemudian tindaklanjutnya seperti apa, kami mengikuti arahan pak Plt. Bupati," ungkap Sumardi. 

BERITA VIDEO : TANGGAPI RENCANA PENUTUPAN TPS LIAR KALI CBS

Kawasan zona hijau

Tempat penampungan sementara (TPS) liar di bantaran Kali CBL, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, telah ditutup oleh Pemkab Bekasi.

Plt. Bupati Akhmad Marjuki menjelaskan kini TPS liar yang beroperasi sejak 2004 itu, tak boleh lagi digunakan untuk menampung sampah-sampah rumah tangga.

Solusinya, Pemkab Bekasi bakal mencari lokasi baru untuk membuat TPA atau TPS baru yang anggarannya berasal dari bantuan Kementerian PUPR.

"Kalau ini tidak boleh lagi dibuka, memang harus ditutup, diberesin, sampai kita akan cari titik yang baru," kata Marjuki, Rabu (26/1/2022).

TPS liar di bantaran Kali CBL, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.
TPS liar di bantaran Kali CBL, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. (TribunBekasi.com/Rangga Baskoro)
Halaman
12

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved