Liga 3

Wasit Liga 3 Sering Buat Kontroversi, PSSI Ancam Gunakan Wasit Asing, Dampak Sindiran Prilly?

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, geram dengan kesalahan-kesalahan yang dibuat para wasit yang ditugaskan di Babak 16 Besar Liga 3 2021.

Penulis: AC Pinkan Ulaan | Editor: AC Pinkan Ulaan
tangkapan layar YouTube Liga 3
Salah satu insiden yang menjadi kontroversi dalam pertandingan Farmel FC vs Persikota Tangerang pada Minggu (6/3/2022), di mana wasit menyatakan terjadi pelanggaran tackling di kotak penalti, sehingga memberikan tendangan penalti kepada Farmel FC. Dari tendangan penalti itu tercipta gol pertama Farmel FC. 

TRIBUNBEKASI.COM, JAKARTA -- Beberapa waktu lalu aktris Prilly Latuconsina "ngomel-ngomel" di Instagram, gara-gara Persikota Tangerang kalah 0-3 dari Farmel FC di Babak 16 Besar Liga 3 2021.

Kemarahan Prilly bukan ditujukan kepada pemain Persikota, melainkan kepada wasit yang memimpin laga Farmel FC vs Persikota Tangerang pada Minggu (6/3).

Salah satu pemilik Persikota itu menyatakan bahwa wasit yang memimpin pertandingan itu berat sebelah, memihak lawan Persikota.

Pernyataannya itu berdasarkan beberapa keputusan wasit yang janggal.

Wasit luar negeri

Rupanya kemarahan Prilly ini sampai ke telingan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan.

Sebagaimana dilansir laman PSSI, mantan Kepala Polda Metro Jaya itu menyoroti pertandingan Farmel vs Persikota itu dalam pertemuan dengan wasit-wasit, yang mendapatkan tugas untuk memimpin kompetisi Liga 3 babak 16 besar pada Selasa (8/3).

Pertemuan yang dilakukan secara virtual itu turut hadir Sekretaris Jenderal Yunus Nusi, para wasit, dan asisten wasit.

Dalam pertemuan itu, Iriawan mengaku kecewa kepada wasit-wasit tersebut.

“Saya merasa terganggu dengan adanya masalah keputusan-keputusan kontroversial yang dibuat oleh para wasit yang bertugas. Bisa jadi opsinya saya mencari wasit-wasit lain dari luar negeri,” katanya.

Laga Persikota

Kemudian Iriawan menyinggung laga antara Farmel FC dan Persikota, di mana ada keputusan wasit (Untung Santoso), asisten wasit pertama (Hidayat), dan asisten wasit kedua (Yulianto) yang menimbulkan kontroversi.

Dua yang menonjol adalah keputusan wasit yang menyatakan on side 2-4 meter dianggap off side. Demikian juga yang bukan tackling tapi diberikan penalti.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu meminta para wasit melihat lagi video rekaman pertandingan antara Farmel dan Persikota.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved