Berita Pendidikan

Cek Jadwal dan Daya Tampung UTBK-SBMPTN Universitas Singaperbangsa Karawang

Jadwal UTBK-SBMPTN Registrasi Akun LTMPT mulai 14 Februari–17 Maret 2021. Lalu, pendaftaran UTBK-SBMPTN, 23 Maret hingga 15 April 2022. 

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
Tribun Bekasi/Muhammad Azzam
Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) menerima calon mahasiswa lewat jalur SBMPTN. Pendaftaran dibuka sampai 15 April 2022. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) masih akan menyelenggarakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) SBMPTN atau tes masuk bagi calon mahasiswa ke perguruan tinggi negeri di tahun 2022 secara luring.

Termasuk UTBK-SBMPTN di Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika).

Dilansir laman https://pmb.unsika.ac.id/sbmptn/, jadwal UTBK- SBMPTN Registrasi Akun LTMPT mulai 14  Februari – 17 Maret 2021.

Lalu, pendaftaran UTBK-SBMPTN, 23 Maret hingga 15 April 2022. Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 17 – 23 Mei 2022

Dan Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 28 Mei – 03 Juni 2022. Pengumuman Hasil SBMPTN : 23 Juni 2022. Masa Unduh Sertifikat UTBK : 25 Juni – 31 Juli 2022

LTMPT lembaga yang berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini menjamin seluruh tahapan tes menggunakan protokol kesehatan.

Direktur Eksekutif LTMPT Prof. Dr. Budi P. Widyobroto DEA menuturkan pihaknya belum bisa menemukan metode atau cara yang efektif untuk menyelenggarakan tahapan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) pada SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) secara daring.

Pihaknya ingin peserta mengerjakan ujian secara adil, dan hal itu hanya bisa dilakukan secara luring.

"Kalau ujian dilakukan secara online, kami belum menemukan cara pengawasan agar peserta mengerjakan sendiri ujiannya, tidak dikerjakan oleh orang lain," kata Budi.

Budi juga menyampaikan pada UTBK tahun 2022, Bahasa Inggris akan disertakan sebagai materi tes untuk semua kelompok ujian.

"Ada tiga materi tes untuk semua kelompok ujian. Tes kemampuan akademik, TPS (Tes Potensi Skolastik), dan Bahasa Inggris. Biaya tes sepenuhnya ditanggung peserta dan subsidi pemerintah," kata Budi.

Wakil Rektor I bidang Akademik Unsika Dr. Kusrin, M.Pd menuturkan Unsika saat ini memiliki sembilan fakultas dan 32 program studi yang siap menampung mahasiswa baru.

"Saat ini mahasiswa Unsika berjumlah 18.886 orang, yang didukung oleh tenaga pendidik sebanyak 522 dosen. Tahun lalu kami mewisuda 1.855 wisudawan," tuturnya.

Sementara itu, daya tampung SBMPTN/UM-PTKIN di Unsika sebanyak 1.592 mahasiswa. 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved