Otomotif

Beberapa Alasan Sepeda Motor Harus Segera Diservis setelah Digunakan Mudik

Motor yang digunakan melakukan perjalanan mudik harus segera diperiksa kondisinya, supaya masalah ringan segera terdeteksi.

Penulis: Rendy Rutama | Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Gilbert Sem Sandro
Semakin banyak orang menggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran. Motor yang dipakai melakukan perjalanan jauh harus sering diservis agar kondisinya selalu prima. 

TRIBUNBEKASI.COM, JAKARTA - Ketika Hari Raya Idulfitri 1443H kemarin, tak sedikit warga Jabodetabek yang mudik menggunakan sepeda motor.

Kendaraan roda dua itu digeber menempuh ratusan kilometer dalam sehari, melewati berbagai kondisi jalan. Tidak tertutup kemungkinan kendaraan itu mengalami masalah ringan yang tidak disadari pemiliknya.

Slamet Asyudi, seorang mekanik di Honda Langgeng Jaya, di Jalan Bekasi Timur No 201, menganjurkan masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor untuk melakukan servis kendaraannya itu.

Hal ini untuk memeriksa masalah-masalah kecil yang tidak disadari tadi, sebab jika dibiarkan akan berkembang menjadi masalah besar. Hal ini tentu akan merugikan karena biaya perbaikannya lebih besar.

"Kalau tidak paham ya mending service ringan saja, nanti kan semuanya dicek," ujar Slamet kepada Wartakotalive.com, Sabtu (14/5).

Pria berusia 42 tahun itu juga menjelaskan bagian-bagian penting kendaraan yang perlu diperhatikan, sesudah digunakan melakukan perjalanan jarak jauh.

1. CVT (continuously variable transmission)

Pemilik motor jenis transmisi otomatis harus memeriksa bagian ini sebab sangat rentan bermasalah. Terutama di bagian V-Belt.

Jika V-belt ini putus, motor langsung tidak bisa berjalan. Maka memeriksa CVT menjadi penting agar jangan sampai V-Belt putus di tengah jalan.

Selain itu, kondisi CVT sudah tidak 100 persen setelah kendaraan dipakai berjalan jauh, sehingga kenyamanan berkendara berkurang.

Halaman
123
Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved