Ibadah Haji

Delapan Tip Tetap Sehat Selama Menunaikan Ibadah Haji

Kondisi fisik yang prima sangat dibutuhkan para jemaah haji, agar bisa beribadah dengan naman. Inilah tip tetap sehat selama di Tanah Suci.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Twitter Haj Ministry
Kondisi fisik yang prima sangat dibutuhkan para jemaah haji, agar bisa beribadah dengan naman. Keterangan foto: (Ilustrasi) 

TRIBUNBEKASI.COM -- Kesehatan jemaah haji Indonesia selama berada di Tanah Suci menjadi fokus Pemerintah, agar para jemaah bisa pulang ke keluarganya di Tanah Air.

Apalagi Musim Haji 1443H atau 2022M berlangsung saat Saudi Arabia sedang mengalami musim panas.

Karena itu calon jemaah haji Indonesia diimbau meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan sebelum berangkan ke Tanah Suci.

Rahmat Kurniadi, dari Pusat Kesehatan Haji, menyatakan bahwa ibadah haji adalah ibadah fisik, sehingga proses ibadah haji memerlukan kondisi fisik yang prima.

Pernyataan itu disampaikannya kepada peserta Sosialisasi Kesehatan Haji dan Vaksinasi Covid-19 di Balai Desa Pedagangan Dukuh Waru Kabupaten Tegal, Jumat (20/5).

"Dalam melaksanakan ibadah sunnah di Tanah Suci harus disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Kondisi lingkungan di Arab Saudi yang ekstrem dan kelembaban rendah dapat mempermudah terjadinya dehidrasi pada Jemaah Haji. Istirahat yang cukup sangat penting bagi jemaah haji selama pelaksanaan proses ibadah di Tanah Suci, karena kelelahan dapat menjadi penyebab wafatnya jemaah haji," ujar Rahmat sebagaimana dilansir laman Pusat Kesehatan Haji.

Dalam penyuluhan kesehatan itu, para calon jemaah haji dari Kabupaten Tegal diberikan tips Berhaji Sehat yang disampaikan oleh Kabid Pelayanan UKM dan UKP Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, dr Sarmanah Adi Muraeny.

Tip yang diberikannya adalah sebagai berikut:

1. Membawa obat rutin dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan selama berada di Tanah Suci

Jemaah haji yang minum obat rutin selama di Tanah Air harus membawa obat tersebut dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan selama di Tanah Suci.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved