Berita Sport

Ingin Kuat Berlari Maraton? Simak Tip dari I Made Subaga Kapten RIOT

Menjadi pelari maraton bukan hanya membutuhkan kekuatan fisik, melainkan juga kekuatan mental.

Instagram I Made Subaga
Medali dari Sydney Maraton 2017 menjadi barang berharga bagi I Made Subaga, karena merasakan tantangan paling berat saat mengikuti lomba tersebut. 

TRIBUNBEKASI.COM, JAKARTA - Olahraga lari semakin diminati masyarakat, sebab mudah dilakukan, murah, dan efektif dalam meningkatkan kebugaran tubuh.

Apalagi saat ini banyak acara lomba lari gembira yang menantang sekaligus menyenangkan. Mulai dari yang nomor 5K (kilometer) buat coba-coba bagi pemula, sampai nomor maraton bagi yang sudah serius dengan olahraga ini.

Namun bukan berarti pemula tidak bisa naik kelas sampai ke nomot maraton, sebab dengan latihan yang rutin seorang pelari pemula bisa juga berlari sejauh 42, 195 kilometer.

I Made Subaga, pelari maraton yang sudah malang-melintang di berbagai lomba lari maraton, tak segan-segan membagikan pengalaman serta kiat-kiatnya.

I Made Subaga adalah pendiri sekaligus kapten dari komunitas maraton Running is Our Therapy, atau biasa disebut RIOT Indonesia.

Lima tahun lalu Baga, sapaan akrabnya, mulai menjajal jarak maraton, dan sampai sekarang nomor itu masih menjadi yang paling menantang baginya. Tak hanya soal fisik, cuaca juga biasa menjadi kendala.

Mental

"Untuk bicara maraton, tak hanya harus memiliki fisik yang bagus namun mental juga. Dikarenakan lari di atas empat jam atau lima jam sampai 6 jam itu membutuhkan mental yang kuat," ujar pelari kelahiran Badung, Bali tersebut.

Baga mengakui, kondisi fisiknya kadang memang tidak mumpuni untuk menyelesaikan full maraton 42,195 Km.

"Waktu di Sidney Marathon, September 2017, itu yang terberat. Kenapa berat? karena latihan saya agak kurang, sesuai dengan jadwal, terus cuaca juga kurang mendukung. Itu yang paling menantang buat saya selama maraton," ujar pria yang juga memiliki hobi di bidang fotografi itu.

Halaman
1234
Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved