Berita Karawang

Tekan Kemacetan, Jasa Marga Lakukan Pelebaran Jalan Tol Jakarta Cikampek KM 50 hingga KM 67

Jasa Marga terus melakukan sosialisasi pekerjaan ini dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan pelebaran lajur dan DMS.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
Dok. Jasa Marga
Pelebaran Jalan Tol Jakarta Cikampek dari 3 lajur menjadi 4 lajur. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Pihak manajemen Jasa Marga melakukan pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari 3 lajur menjadi 4 lajur.

Saat ini pekerjaan tengah berlangsung di dua arah, baik arah Jakarta maupun arah Cikampek, tepatnya di KM 62 Dawuan sampai KM 50 Karawang Timur arah Jakarta, dan KM 50 Karawang Timur sampai KM 67 Simpang Susun (SS) Dawuan arah Cikampek.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jalan atas potensi kepadatan lalu lintas yang terjadi selama proyek pekerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek ini.

“Kami mohon maaf apabila terjadi potensi kepadatan di lokasi pelebaran jalan," katanya dalam keterangan resminya pada Selasa (2/8/2022).

Lisye Octaviana menerangkan, pihaknya menyiapkan sejumlah mitigasi risiko, diantaranya dengan melakukan pengalihan arus lalu lintas sebelum area kerja, mempersempit area kerja pada lajur 1, dan pemasangan rambu peringatan.

Baca juga: News Director Tribun Network Sambangi Payakumbuh, Kota Perdana Roadshow Relaunching Tribunpadang.com

Baca juga: Kocak Nih Maling, Panik Kepergok Warga Saat Curi Batang Besi, Malah Tinggalkan Sepeda Motornya

"Kami juga melakukan penempatan petugas flagman, serta berkoordinasi dengan Kepolisian dalam hal ini Patroli Jalan Raya (PJR),” ujar Lisye.

Lisye menambahkan, untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga terus melakukan sosialisasi pekerjaan ini dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan pelebaran lajur dan Dynamic Message Signs (DMS) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan Cikampek.

japek2-2Ags
Pelebaran Jalan Tol Jakarta Cikampek dari 3 lajur menjadi 4 lajur.

Pekerjaan konstruksi pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari tiga lajur menjadi empat lajur merupakan pekerjaan lanjutan yang sebelumnya telah mencapai target untuk operasi fungsional guna menunjang kelancaran arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, khususnya untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

“Sejak akhir Mei lalu, Jasa Marga juga sudah memulai pekerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang ke arah Cikampek secara bertahap, kurang lebih sepanjang 17 Km, yaitu dari Km 50 sampai Km 67," katanya.

Baca juga: Coreng Nama Baik Pendidikan, Mas Tri Kecam Oknum Staf Perpustakaan yang Diduga Lakukan Pelecehan 

Baca juga: Bebas Bersyarat, Jerinx SID Dijemput Nora Alexandra di Lapas Kerobokan 

Dikatakannya, pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek ini merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan.

Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang dapat mengurangi potensi kepadatan pada pertemuan arus lalu lintas Jalan Layang MBZ dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Km 48 serta pertemuan arus lalu lintas dari Jalan Tol Cipularang di Km 66.

"Untuk pekerjaan pelebaran ke arah Jakarta, saat ini tengah dilakukan penyelesaian pekerjaan di area bahu luar serta di area simpang susun dan main road Karawang Timur hingga rest area Km 52," katanya

Lisye menyampaikan, seluruh kontruksi pekerjaan pelebaran jalur baik arah Jakarta maupun arah Cikampek ini diharapkan dapat mendukung pelayanan Jasa Marga yang optimal kepada pengguna jalan pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Jasa Marga mencatat lalu lintas harian rata-rata yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 443.035 kendaraan pada Semester I Tahun 2022, meningkat sebesar 14,57 persen dibanding periode yang sama tahun 2021.

Untuk itulah, pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved