Berita Bekasi

Alasan DPMPTSP Kabupaten Bekasi Berencana Menggelar Pendampingan Pembuatan Izin Usaha di Kecamatan

Analisis Kebijakan Muda Sub Koordinator Perizinan Sosial dan Ekonomi DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Sarwoko mengatakan masih banyak warga belum paham NIB.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Panji Baskhara
TribunBekasi.com
Analisis Kebijakan Muda, Sub Koordinator Perizinan Sosial dan Ekonomi pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi, Sarwoko. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI - Hingga saat ini, masih banyak pelaku usaha yang tidak menyadari pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB).

Padahal kepengurusan NIB bisa dilakukan di mana saja apabila masyarakat memahami online single submission (OSS) secara dalam jaringan (daring).

Hal itu dikatakan Analisis Kebijakan Muda Sub Koordinator Perizinan Sosial dan Ekonomi pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi, Sarwoko.

"Karena walau bagaimanapun masih banyak masyarakat yang belum memahami sistem perizinan ini, sebenarnya perizinan ini kan self service,"

Baca juga: Pembuatan Nomor Induk Usaha di Kabupaten Bekasi Ternyata Mudah, Cukup Siapkan KTP, NPWP, dan Email

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Nomor Induk Berusaha atau NIB Kabupaten Bekasi? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Baca juga: Bantu UMKM dalam Pembuatan Nomor Induk Berusaha, DPMPTSP Karawang Siapkan Tim Pendamping

"Kapan saja dan di mana saja itulah kemudahan perizinan seperti ini" kata Sarwoko melalui keterangan tertulisnya, Rabu (10/8/2022).

Oleh sebab itu, pihaknya berencana untuk melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada pelaku UKM secara jemput bola dengan menyambangi setiap kecamatan.

"Nanti kami akan bagi, untuk sektor pariwisata di kecamatan apa, sektor industri dan ekonomi kreatif di kecamatan apa, kami akan jemput bola untuk pembuatan NIB On The Spot," ujarnya.

Ia harap, dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat memahami mengenai bagaimana kemudahan perizinan di sektor ekonomi kreatif atau di sektor pariwisata.

Tersebarnya informasi mengenai pembuatan NIB juga diharapkannya bisa menjangkau masyarakat lain yang hendak membuat NIB.

"Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan mereka bisa memahami, bahkan bisa memberikan pemahaman kepada pelaku usaha di sektor ekonomi kreatif lainnya," tandasnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved