HUT Kemerdakaan RI

HUT Kemerdekaan RI, Pejuang Siliwangi-PWI Karawang Gelar Kirab Merah Putih di Tugu Kebulatan Tekad

rencananya akan berkonvoi dari Makodim 0604/Karawang ke tugu sambil membawa pedang Siliwangi berukuran raksasa.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
instagram @kemensetneg
ILUSTRASI Bendara Merah Putih -- Kirab dan pengibaran bendera merah putih bakal dilakukan di Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok, Kabupaten Karawang pada Selasa (16/8/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG --- Kirab dan pengibaran bendera merah putih bakal dilakukan di Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok, Kabupaten Karawang pada Selasa (16/8/2022).

Kirab itu diselenggarakan Pejuang Siliwangi bekerjasama dengan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Karawang dalam mengenang momen bersejarah di Rengasdengklok.

Ketua Pejuang Siliwangi sekaligus Sekretaris Daerah Karawang Acep Jamhuri mengatakan, kirab akan dilaksanakan pada Selasa (16/8) di Tugu Kebulatan Tekad.

Ratusan peserta kirab yang terdiri dari komunitas motor, mobil, dan komunitas lainnya rencananya akan berkonvoi dari Makodim 0604/Karawang ke tugu sambil membawa pedang Siliwangi berukuran raksasa.

"Insyaallah akan dilaksanakan Selasa, ini dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia,"  katanya.

Dia menerangkan, berdasarkan sejarah upacara kemerdekaan dan pengibaran bendera merah putih pertama kali dikibarkan di Rengasdengklok, Karawang.

Baca juga: Meriahkan HUT ke-72 Kabupaten Bekasi dan HUT ke-77 RI, Disbudpora Gelar Kirab Kebangsaan Ini Rutenya

"Tanggal 16 Agustus itu di Rengasdengklok menjadi lokasi dibawanya Soekarno untuk Kemerdekaan RI, sehari sebelum teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Sukarno-Hatta di Jakarta, 17 Agustus 1945, di Jakarta," jelas dia.

Sementara itu Ketua PWI Karawang Aep Saepuloh menambahkan, kegiatan kirab merupakan upaya untuk memberikan penghormatan kepada pahlawan dan mengambil semangat juang para pahlawan kemerdekaan.

BERITA VIDEO : ISTANA ADAKAN PAMERAN ARSIP DAN 7 MOBIL KEPRESIDENAN

Semangat ini penting sebagai cara mengisi kemerdekaan di masa sekarang.

"Kita tahu Rengasdengklok menjadi sejarah, dimana Soekarno dibawa ke Rengasdengklok untuk mempersiapkan proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022," katanya.

17-an kali ini lebih semarak

Warga menilai agutusan 2022 ini lebih semarak dengan adanya gerakan 10 juta bendera merah putih dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sepanjang jalan perkotaan hingga perkampungan di Karawang, Jawa Barat ramai dipenuhi bendera merah putih. Tak hanya itu pernak-pernik hingga umbul-umbul merah putih juga terlihat ramai dimana-mana.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved