Berita Nasional

Sandiaga Uno Kagumi Desa Dayun: Ini Desa Wisata Paket Komplit

Sandiaga menyebut Desa Wisata Dayun terletak dekat dengan Danau Zambrut yang merupakan lahan gambut terluas kedua di dunia.

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatiif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNBEKASI.COM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengagumi Desa Wisata Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau, yang kini telah berubah lebih baik.

Sandiaga mengungkapkan hal itu saat mengunjungi Desa Wisata Dayun dalam rangka roadshow Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, beberapa waktu lalu.

Desa Wisata Dayun masuk dalam daftar 50 desa terbaik program ADWI 2022. Desa wisata ini akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf, melalui program Desa Mitra Bakti BCA selama setahun ke depan. 

”Inilah desa wisata yang menunjukkan paket komplet. Di mana bahwa desa ini awalnya merupakan embung yang menjadi sumber air untuk kebakaran hutan,” ungkap Sandiaga dalam pernyataan resminya.

“Tapi Allah SWT membukakan peluang usaha, dan sekarang kita lihat ini dikunjungi ratusan warga,” imbuhnya.

Baca juga: Cerita Warga Ngerinya Kecelakaan Maut di Jalan Sultan Agung: Banyak yang Histeris Minta Tolong

Baca juga: Selain 10 Korban Tewas, Polisi Catat Ada 20 Korban Luka Akibat Kecelakaan di Jalan Sultan Agung

Sandiaga menyebut Desa Wisata Dayun terletak dekat dengan Danau Zambrut yang merupakan lahan gambut terluas kedua di dunia.

“Kawasan embung terpadu ini kita harapkan terus berinovasi, beradaptasi, berkolaborasi, menampilkan pariwisata berbasis masyarakat dan berkelanjutan. Marilah ini menjadi semangat desa membangun Indonesia," lanjut Sandiaga

Lebih jauh Sandiaga menerangkan, destinasi Desa Wisata Dayun ini merupakan objek rekreasi yang berbasis lingkungan.

"Ini awalnya ini daerah sering terbakar dan paling tertinggal. Sekarang berubah lihat aja seperti ini. Bahwa semesta alam kita memberikan berkah. Lapangan kerja terbuka. Semua mendapatkan penghasilan," ujar Sandiaga

Wakil Bupati Siak Husni Merza mengungkapkan, banyak destinasi wisata di Siak. Selain Embung dan Danau Zambrut, ada Istana Siak.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Jalan Sultan Agung Kota Bekasi 10 Tewas, 7 Anak SD 3 Dewasa

Baca juga: BREAKING NEWS: Truk Kontainer Kecelakaan di Jalan Sultan Agung Kota Bekasi, Ada Korban Jiwa

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved