Berita Nasional

Catat Pencapaian Positif, Sandiaga Dorong Program AKI Terus Angkat Kualitas Produk Ekraf

Sandiaga menyebut saat ini UMKM yang sudah terdigitalisasi on boarding di platform e-commerce di 2023 akhir ada sekitar 20 juta.

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung dan melihat karya 27 finalis Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Lippo Plaza Kendari, Sulawesi Tenggara, baru-baru ini. 

TRIBUNBEKASI.COM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong terus upaya meningkatkan jumlah pelaku ekonomi kreatif untuk siap go digital.  

Sandiaga menyebut saat ini UMKM yang sudah terdigitalisasi on boarding di platform e-commerce di 2023 akhir ada sekitar 20 juta.

“Saat ini UMKM yang sudah terdigitalisasi on boarding di platform e-commerce di 2023 akhir ada sekitar 20 juta dari yang ditargetkan sebesar 30 juta sampai awal 2024,” ujar Sandiaga saat berkunjung dan melihat karya 27 finalis Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Lippo Plaza Kendari, Sulawesi Tenggara, baru-baru ini.

Sandiaga yang dijuluki Super Mentor AKI itu pun menyampaikan ucapan selamat untuk 27 finalis AKI dari Kendari yang lolos dari lubang jarum.

“Dari 6000 pendaftar lolos 27 finalis AKI Kendari. Ini hal yang luar biasa,” ujar Sandiaga

Baca juga: Jadi Lawan Main Jonathan Frizzy di Sinetron Terbaru, Alisia Rininta Tak Susah Bangun Chemistry

Baca juga: Amukan Si Jago Merah Hanguskan 9 Bangunan, 55 Warga Diungsikan di Dua Lokasi

Sandiaga juga menyebut Provinsi Sulawesi Tenggara selalu menjadi wilayah spesial berkat keindahan alam, memiliki spot menyelam di laut indah, serta belanja wisata tenun-tenun cantik.

Menurut Sandiaga, AKI saat ini sudah menjadi wadah bagi pemangku kepentingan (stakeholder) pelaku ekraf untuk bersinergi. 

Dimulai sejak 2021, kata Sandiaga, AKI saat ini sudah mencatat pencapaian positif.

“Tahun 2022 harus lebih keren lagi. Semua harus siap karena kita ingin dorong gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dalam upaya mewujudkan 1,1 juta lapangan kerja 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024. Sudah saatnya produk kita jadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya.

Mantan Ketua HIPMI menyampaikan, pada Sidang Tahunan MPR RI beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo bicara tentang digitalisasi ekonomi yang telah lahirkan decacorn, yaitu J&T Express dan Goto, dan 9 unicorn.

Baca juga: Masih Berduka, Libur Pelajar SDN Kota Baru II dan III Diperpanjang Usai Kecelakaan Maut

Baca juga: Jaga Keselamatan Berkendara, Jasa Marga Lakukan Pengecatan Marka Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved