Berita Bekasi

Cegah Angka HIV Meningkat, Satpol PP Kota Bekasi Bakal Razia Lokalisasi dan Indekos

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi mencatat ada sebanyak 554 warga Kota Bekasi yang terdeteksi positif HIV/AIDS, sejak Januari hingga Agustus 2022.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ichwan Chasani
Wartakotalive.com/Andika Panduwinata
Ilustrasi - Razia Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN — Satpol PP Kota Bekasi bakal menggelar razia sejumlah tempat porstitusi dan beberapa indekos sebagai bentuk menekan angka penyebaran HIV/AIDS.

Seperti diketahui, sepanjang tahun 2022 sudah ada ratusan warga Kota Bekasi yang terpantau telah terpapar virus tersebut.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Satpol PP Kota Bekasi, Ade Rahmat mengatakan bahwa sebenarnya kegiatan razia penyakit masyarakat sudah sering kali dilakukan oleh para personil Satpol PP Kota Bekasi.

"Kami antisipasi tempat yang diduga lokasi porstitusi, jadi tetap akan kami lakukan penertiban. Semua kami lakukan secara merata, Hotel, Apartemen, Kos Kosan, Kontrakan. Semua yang diduga ada indikasi, kami lakukan razia," kata Ade Rahmat, Selasa (13/9/2022).

Diungkapkan oleh Ade Rahmat, praktek seks bebas yang dilakukan oleh para remaja pada umumnya ditemukan di beberapa indekos berlantai.

Baca juga: Dandim Karawang Marah TNI Disebut Gerombolan, Desak Effendi Simbolan Minta Maaf

Baca juga: SIM Keliling Kabupaten Bekasi Rabu, 14 September 2022, di MPP Lotte Mart Cikarang, Cek Syaratnya

Biasanya indekos seperti itu jarang terkontrol, sehingga terkadang dimanfaatkan sebagai tempat yang tidak semestinya.

"Rata rata kemarin itu kos kosan dan kontrakan yang kapasitasnya tinggi ya, yang artinya tu bangunanya 2 lantai 3 lantai itu dicurigai tidak terkontrol," katanya.

Menekan angka kasus HIV/AIDS sendiri menurut Ade, tidak lepas dari peran masyarakat sendiri untuk tidak melakukan seks secara menyimpang.

Meskipun petugas rutin melakukan razia, namun jika perilaku menyimpang masih terjadi, tentu akan sulit dikendalikan.

Seperti diketahui, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi mencatat ada sebanyak 554 warga Kota Bekasi yang terdeteksi positif HIV/AIDS. Data tersebut tercatat sejak bulan Januari 2022 hingga Agustus 2022.

Baca juga: Jadwal SIM Keliling Polres Karawang Rabu 14 September 2022, Berikut Lokasi dan Persyaratannya

Baca juga: SIM Keliling Kota Bekasi Rabu 14 September 2022 di Metropolitan Mall Bekasi, Sampai Pukul 10.00 WIB

"Data HIV baru Januari sampai Agustus 2022 ada 554 kasus," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Nia Aminah Kurniati, Jumat (9/9/2022).

Nia Aminah Kurniati tidak merinci secara pasti rentan usia penderita HIV/AIDS yang ada di Kota Bekasi itu.

Namun, sebagai upaya mencegahnya, diungkapkan Nia jika Dinas Kesehatan Kota Bekasi tetap melakukan langkah pendeteksian temuan kasus itu.

"Kami terus melakukan konseling dan test HIV kepada orang yang berisiko HIV seperti populasi kunci, ibu hamil, pasien tuberkulosis dan warga binaan pemasyarakatan dengan metode fast track," katanya.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved