Penembakan Brigadir J

Mabes Polri Jadwalkan Pelimpahan Tahap II Kasus Ferdy Sambo Cs pada Rabu (5/10/2022)

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menyebutkan pelimpahan berkas perkara tahap II itu rencananya dilakukan pada Rabu lusa.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Ichwan Chasani
Kolase TribunJakarta.com
Foto Kolase: Bareskrim Polri menyelesaikan berkas perkara lima tersangka pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, yaitu Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, Kuat Maruf dan Putri Candrawathi. 

TRIBUNBEKASI.COM —  Mabes Polri telah menjadwalkan pelimpahan berkas tahap II kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat yang melibatkan Ferdy Sambo cs, pekan ini.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya mengatakan penyerahan tahap II akan dilakukan pada minggu ini.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo menuturkan, kemungkinan penyerahan dilakukan antara hari Senin (3/10/2022) hari ini atau Rabu (5/10/2022) mendatang.

Saat dikonfirmasi, Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menyebutkan pelimpahan berkas perkara tahap II yang meliputi para tersangka dan barang bukti itu akan dilakukan pada Rabu lusa.

"Rabu, 5 Oktober (penyerahan berkas tahap kedua)," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, Senin (3/10/2022).

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Agung jelang pelimpahan barang bukti dan tersangka (tahap II) dalam kasus pembunuhan berencana dan obstruction of justice atau menghalangi penyidikan kasus Brigadir J.

"Koordinasi dengan Kejaksaan saya kira sudah berjalan ya dari beberapa waktu yang lalu, semuanya lancar, tidak ada masalah," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Monumen Kesaktian Pancasila, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022).

Kapolri menambahkan penyerahan berkas perkara tahap II tersebut akan dilakukan pada minggu depan.

Baca juga: Naik Tipis, Harga Emas Batangan Antam di Bekasi Senin Ini Jadi Rp 945.000 Per Gram, Cek Daftarnya

Baca juga: Raih Juara Grup C Liga 3 Jawa Barat, Manajemen Optimistis Persika 1951 Karawang Lolos ke Liga 2

"Jadi tinggal kita tentukan sekali lagi, untuk masalah waktu apakah hari Senin atau hari Rabu," pungkasnya.

Kejaksaan Agung (Kejagung) RI sebelumnya menyatakan berkas perkara para tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J telah dinyatakan lengkap.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung Fadil Zumhana menyatakan bahwa kasus tersebut pun akan segera melaju ke tahap persidangan.

"Perkara ini kami nyatakan lengkap untuk kasus pembunuhan berencana," ujar Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung Fadil Zumhana di Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Ia menyatakan bahwa berkas perkara Ferdy Sambo Cs dinyatakan lengkap seusai hanya ada satu kali perbaikan berkas perkara. Penyidik Polri pun telah memperbaiki berkas perkara sesuai catatan dari penyidik.

Baca juga: Anies Baswedan Sampaikan Bela Sungkawa Atas Tragedi Maut Kanjuruhan, Tak Ada Sepakbola Seharga Nyawa

Baca juga: SIM Keliling Karawang Senin, 3 Oktober 2022 di Pos Lantas Dawuan Cikampek Hingga Pukul 15.00

Setelah dinyatakan lengkap, kata Fadil, penyidik Bareskrim Polri memiliki kewajiban untuk melimpahkan para tersangka beserta alat bukti ke Kejagung.

Selain itu, JPU juga nantinya akan langsung menyusun surat dakwaan terhadap masing-masing tersangka untuk kemudian diserahkan ke Pengadilan.

"Penyidik menyerahkan tanggung jawab barang bukti dan tersangka untuk segera di persidangan," pungkasnya.

Sebagai informasi, ada lima orang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Mereka adalah eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, dua ajudan Ferdy Sambo Bharada Richard Eliezer alias Bharada E dan Bripka Ricky Rizal alias Bripka RR, asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo Kuat Maruf dan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Kelima tersangka itu diduga melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 56 ke-1 KUHP. (Wartakotalive.com/Ramadhan L Q)

Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved