Breaking News:

Berita Bekasi

Antisipasi Kebakaran Seperti di Lapas Tangerang, Personil Lapas Bekasi Dilatih Cara Padamkan Api

sehingga dengan teknis yang diajarkan itu, dapat mencegah api membesar yang justru akan menyulitkan proses pemadaman

TribunBekasi.com
Sejumlah petugas Lapas Kelas IIA Bekasi tengah melakukan simulasi cara pemadamkan api ketika terjadi kebakaran. Rabu (15 

TRIBUNBEKASI.COM,BEKASI TIMUR --- Lapas Kelas IIA Bekasi bersama Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi melaksanakan simulasi dan pelatihan kepada petugas Lapas dalam hal antisipasi kebakaran di area lingkungan Lapas.

Simulasi dan pelatihan ini dilakukan berkaca pada kebakaran Lapas Kelas I Tangerang beberapa waktu lalu yang mengakibatkan puluhan warga binaan meninggal dunia.

Pantauan TribunBekasi.com para petugas Lapas yang biasa berjaga diberikan pelatihan oleh Petugas Damkar Kota Bekasi bagaimana menggunakan alat pemadam secara tradisional seperti menggunakan air dan kain, serta APAR.

Setelah petugas tersebut memahami bagaimana cara menggunakan APAR dan pemadaman secara tradisional, selanjutnya para petugas tersebut langsung mempraktekan teknis pemadaman yang telah disampaikan itu.

Baca juga: Kemenkumham Serahkan Uang Santunan saat Serah Terima Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang

Baca juga: Kasus Kebakaran Tewaskan 48 Tahanan, Kalapas Tangerang Dicecar Penyidik 11 Jam Selesai Pukul 22.00

Baca juga: Kepala Lapas Karawang Siasati Over Kapasitas dengan Pembangunan Bertingkat karena Lahan Terbatas

Teknik-teknik pemadaman ini, dilakukan ketika kondisi api masih kecil, sehingga dengan teknis yang diajarkan itu, dapat mencegah api membesar yang justru akan menyulitkan proses pemadaman, sehingga poinnya pemadam dini merupakan hal terpenting.

Kalapas Kelas IIA Bekasi, Hensah mengatakan pelatihan dan simulasi pencegahan kebakaran ini sebagai langkah identifikasi, dan menganalisa hal-hal yang perlu dilakukan saat terjadinya kebakaran di lingkungan Lapas Kelas IIA Bekasi.

"Jadi ini Identifikasi dan analisas atas kondisi dalam rangka pencegahan terjadinya kebakaran dari mulai sarana dan prasarana, pendukungnya mungkin, soal airnya gimana kalo ada kebakaran, akses masuk dan semuanya di analisis," kata Hensah ditemui, Rabu (15/9/2021).

Selain itu, dengan pelatihan ini, para petugas dapat lebih sigap mengantisipasi terjadinya kebakaran, karena para petugas yang akan lebih tahu titik api atau sumber api pertama kali.

Sehingga dengan kondisi itu, para petugas Lapas akan lebih paham apa yang akan dilakukan.

"Kami juga memberikan pelatihan, dan sosialisasi cara pencegahan penanggulangan kebakaran. Tujuan dalam kegiatan itu tidak lain dan tidak tidak bukan adalah pelatih kesigapan petugas kami apa bila terjadi kebakaran," katanya.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Dedy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved