Berita Nasional

Masyarakat Lombok Menuai Dampak Positif digelarnya World Super Bike Mandalika, Ini Keuntungannya

Pemerintah ternyata memiliki rencana besar dari digelarnya ajang Superbike di Sirkuit Mandalika bagi masyarakat setempat, yakni menyejahterakannya.

Editor: Valentino Verry
Tribunnews.com
Balap Superbike di Sirkuit Mandalika berdampak positif bagi perekonomian warga Lombok, NTB. 

TRIBUNBEKASI.COM, JAKARTA - Seri terakhir perhelatan ajang balap motor internasional Superbike World Championship atau Kejuaraan Dunia Superbike 2021 (WSBK) telah dibuka sejak kemarin, Jumat (19/11/2021).

Di mana, event yang digelar di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini, digelar pada 19-21 November 2021.

Baca juga: Andira Rilis Single Baru ‘Jatuh yang Sejatuh’ saat Sibuk Menjadi Dokter

Sebagai tuan rumah, Indonesia berkesempatan untuk membuktikan kesiapannya sebagai penyelenggara acara bergengsi internasional di era pandemi Covid-19.

Tak cuma membuktikan kehebatan Indonesia di mata dunia, event ini juga harus mampu mendongkrak roda perekonomian warga Lombok.

Lalu, apa keuntungan Superbike World Championship bagi Lombok?

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Odo R.M. Manuhutu mengatakan, diselenggarakannya WSBK 2021 di Mandalika sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) adalah momentum yang harus dijaga dan jamin.

Agar kebermanfaatannya dapat dirasakan secara nyata oleh seluruh lapisan masyarakat setempat.

Baca juga: Aris Merdeka Sirait Klaim Dua Buku Karyanya Jadi Panduan Hadapi Kekerasan pada Anak, Ini Alasannya

Deputi Odo melanjutkan bahwa secara bersamaan, pelaksanaan WSBK 2021 turut mengakselerasi pembangunan DPSP Mandalika yang mencakup aksesibilitas, atraksi dan amenitas.

“Proyeksi kedatangan puluhan ribu partisipan dalam WSBK 2021 dalam tiga hari tentu akan memberikan multiplier effect (efek berganda) bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Mandalika," ucap Odo, Sabtu (20/11/2021).

"Ini menjadi pemicu bagi aktor pariwisata dan ekonomi kreatif lokal untuk memberikan kesan yang baik dan mendalam tentang Mandalika,” sambungnya.

Kementerian BUMN mendukung terselenggaranya event-event olahraga internasional yang berlangsung di Mandalika.

Baca juga: PPKM Level 3 saat Libur Nataru, Komunitas Warteg Nusantara Pertanyakan Fungsi Vaksinasi Covid-19

Melalui penyelenggaraan WSBK dan event-event balapan internasional lainnya, diharapkan minat wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung kembali ke tempat wisata di Indonesia, khususnya di wilayah Pulau Lombok dapat meningkat.

Penyelenggaraan event tersebut tak terlepas dari peran BUMN.

Pembangunan Pertamina Mandalika International Circuit dan penyelenggaraan WSBK merupakanhasil kerja bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder lainnya, termasuk sinergi antar BUMN antara lain ITDC, Aviata, PTPP, Pertamina, Himbara, dan BUMN-BUMN lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved