Berita Nasional

Kunjungi Lokasi Terdampak Gempa Pandeglang, Wapres Apresiasi Respon Cepat Kemensos

Sambil mendengarkan keterangan warga, Wapres juga menyimak penjelasan dari Mensos terkait langkah-langkah penanganan pascabencana.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. Humas Kemensos
Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi lokasi terdampak gempa bumi di Kabupaten Pandeglang, Kamis (20/1/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM — Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin dengan didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi lokasi terdampak gempa bumi di Kabupaten Pandeglang.

Wapres tiba sekitar pukul 10.00 dan langsung meninjau rumah warga yang terdampak gempa.

Sambil mendengarkan keterangan warga, Wapres juga menyimak penjelasan dari Mensos terkait langkah-langkah penanganan pascabencana.

Melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana), Kemensos bergerak cepat di antaranya dengan mengevakuasi warga ke lokasi yang aman, mendata korban terdampak, dan menyalurkan bantuan logistik.

Saat gempa terjadi pada Jumat (14/1/2022) sore, bantuan logistik Kemensos telah tiba malam harinya. Salah satu diantara beberapa bantuan yang sangat dirasakan manfaatnya bagi warga adalah penyediaan tenda darurat.

Baca juga: Pegadaian Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Gempa Pandeglang

Baca juga: Dikirim dari Gudang Bekasi, Kemensos Penuhi Kebutuhan Logistik untuk Korban Gempa Bumi Pandeglang

"Alhamdulillah Ibu Mensos telah membantu dengan mengirimkan tenda-tenda hunian sementara untuk warga. Ada juga bantuan logistik," kata Wapres dalam keterangan pers di lokasi bencana Kampung Cibeulah, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Kamis (20/1/2022).

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Bupati Pandeglang Ina Narulita dan Wakil Bupati Tanto Warsono Arban.

Bantuan logistik Kemensos untuk korban gempa Pandeglang berupa makanan siap saji sebanyak 1.200 paket, air minum kemasan 100 dus, selimut sebanyak 200 lembar, tenda gulung 300 lembar, kasur 200 lembar, tenda 6 unit, matras 200 lembar, popok bayi 200 paket, pembalut wanita 300 pak, tenda keluarga 50 unit, dan genset.

Sebelumnya, Mensos telah mengunjungi lokasi terdampak gempa bumi di Pandeglang, Senin (17/1/2022).

Dengan didampingi Bupati Pandeglang, Mensos meninjau Desa Taman Jaya, Kecamatan Sumur, dan Desa Karya Buana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang.

Baca juga: Pemprov Banten Salurkan Bantuan Logistik Awal bagi Warga Terdampak Gempa Bumi

Baca juga: Pasca Gempa 6,6 SR di Banten, BNPB Catat 257 Rumah Rusak, Paling Banyak di Kabupaten Pandeglang

Dari kunjungan tersebut, Mensos menekankan pentingnya memperkuat mitigasi bencana. Hal ini karena potensi bencana di Pandeglang cukup mengkhawatirkan.

Mensos mengidentifikasi, selain dari bencana tektonik, ancaman juga bisa datang dari bencana vulkanik dari aktivitas Gunung Anak Krakatau.

Langkah mitigasi yang dimaksud antara lain penyiapan jalur evakuasi, tempat pengungsian, lumbung sosial, hingga rencana relokasi jika diperlukan.

"Mitigasi itu paling penting ke depannya. Saya sampaikan kepada bupati untuk dicari lokasi relokasi ke bukit terdekat. Nanti di situ kita siapkan lumbung sosial sehingga ketika warga yang mengungsi di situ tidak takut kelaparan," kata Mensos.

Wakil Bupati Tanto Warsono menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan dari Kemensos.

"Tenda kecil warna merah ini sangat membantu warga. Mereka bisa menempati tenda yang lebih aman, tapi tinggal di dekat rumah mereka," kata wakil bupati.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved